Pesona Danau Bulan Sabit di Tengah Gurun Pasir

Crescent Moon Lake
Sumber :
  • REUTERS/Peter Ward/Handout via Reuters

VIVAlife - Berjalan di antara gurun pasir memang pengalaman yang menakjubkan. Sambil dituntun unta, mata terus memandang ke depan serasa lautan pasir tak menemukan ujungnya. Petualangan akan ditemani sinar matahari yang membuat tenggorokan terasa kering.

Dikutip dari laman Nzherald, ada pengalaman berbeda yang dijanjikan Gurun Gobi di perbatasan Mongolia dan China. Di tengah-tengah kerumunan pasir lembut, wisatawan akan menemukan kawasan hijau yang dilengkapi sebuah danau.

Unta terlebih dahulu membawa pengunjung berpetualang, menaiki sisi-sisi bukit curam yang mendebarkan jantung. Unta terus menapaki sepanjang punggung bukit hingga menuju ke bukit raksasa yang dijuluki Singing Sand Mountain. Dari situ pemandangan yang luar biasa disuguhkan.

Seperti yang dilansir dari Travelchinaguide, beberapa tahun lalu, sekelompok tentara berkumpul di atas bukit ini. Mereka kerap mendengar "nyanyian" pasir ketika menuruni bukit, sehingga nama Singing Sand Mountain terus melekat hingga sekarang.

Setelah puas menyelami pasir bernyanyi di tempat tersebut, unta akan membawa pelancong ke kesegaran yang dijanjikan. Ternyata ada sebuah oasis cantik yang bersenandung di antara pohon-pohon hijau. Tak jauh dari situ terdapat kuil yang benar-benar tentram.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Kesejukan bertambah dua kali lipat setelah lidah menyentuh air dari Crescent Moon Lake atau Danau Bulan Sabit. Nama tersebut dipilih karena danau benar-benar membentuk bulan sabit yang sempurna. Sejak 1.000 tahun lalu, para pedagang sudah mendapatkan manfaatnya. Usai menilik perjalanan jauh, mereka melepas dahaga di mata air yang indah indah ini.

Sensasi itulah yang juga menyertai pengunjung. Ketika menyentuh Danau Bulan Sabit, pemandu akan menyuruh unta untuk duduk dan menurunkan wisatawan. Para pengunjung bisa bebas menikmati keindahan oasis. Setelah rasa haus hilang, unta pun akan menuntun pengunjung melanjutkan perjalanan lagi. (sj)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024