Tujuh Penyebab Bau Badan

Cara menghilangkan bau badan dengan kemangi
Sumber :
VIVAlife -  Bagi sebagian orang, mandi secara teratur adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bau badan. Namun hal ini tak berlaku bagi sebagian yang lain. 
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Mandi secara teratur, menggunakan deodoran dan parfum, tetap saja aroma tak sedap tercium dari tubuh. Ternyata, ada beberapa penyebab aroma tubuh tidak sedap. Ada tujuh penyebab bau badan seperti dikutip Huffington Post:
Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Stres
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
Percaya atau tidak, keringat yang paling berbau adalah keringat mereka yang sedang stres. Itu karena saat stres kelenjar keringat apokrin menghasilkan keringat dengan air lebih sedikit, bercampur bakteri, lemak dan protein yang beraroma menyengat. Keringat setelah olahraga atau kepanasan umumnya hanya terdiri dari air dan elektronit saja.

Kaki  berbau
Keringat di kaki dan campuran bakteri micrococcus sedentarius yang menghasilkan senyawa belerang akan menghasilkan aroma mematikan. Sebanyak 10-15 persen manusia memiliki kaki yang lebih bau daripada orang pada umumnya.

Jarang ganti pakaian dalam
Banyak wanita yang memakai bra lebih lama daripada seharusnya. Ahli bra, Susan Nethero mengatakan sebagian bra terbuat dari bahan berenda yang menyentuh bagian tubuh yang berkeringat. Bila tak diganti teratur, pakaian dalam akan menimbulkan bau tak enak.

Suka brokoli
Makan makanan tertentu seperti bawang putih, bawang merah ternyata bisa menyebabkan bau badan. Sebab, makanan bau akan dipecah dan disebar ke aliran darah dan keluar melalui napas, keringat dan urin.

Selain itu, brokoli, kubis Brussel dan sayuran lain dalam keluarga cruciferous mengeluarkan senyawa sulfur penyebab bau berlebihan.

Kelainan genetik langka 
Mutasi gen tertentu menciptakan kondisi trimethylaminuria, yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk memecah senyawa kimia yang disebut trimetilamina yang mirip bau ikan. Saat senyawa ini menumpuk di tubuh, akan dikeluarkan lewat napas, urin dan keringat sehingga membuat seseorang berbau amis.

Alkohol
Alkohol akan mengalir ke seluruh tubuh dan merembes keluar melalui pori-pori dan napas. Tidak peduli jenis alkohol yang diminum, tubuh akan memecahnya menjadi bau yang sama.

Diabetes
Penderita diabetes yang tak diobati akan mengalami ketoasidosis diabetikum. Tanpa insulin yang cukup, tubuh memecah lemak menjadi bahan bakar dan menciptakan keton. Penumpukan senyawa ini akan membuat tubuh bau. 

Sebagian lainnya mengalami bau badan saat mengubah diet, dari diet kaya protein dan rendah karbohidrat. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya