Disebut Kandidat Terkuat Capres, Jokowi: Sudah Dari Dulu

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengenakan peci khas Gus Dur
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu
VIVAnews
3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru
– Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyadari dia kerap disebut dan diposisikan berbagai lembaga survei sebagai kandidat calon presiden 2014 terkuat. Jokowi pun menerima hal tersebut sebagai realita yang harus ia hadapi.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

“Memang sudah dari dulu (saya disurvei jadi bakal capres terkuat),” kata Jokowi usai menghadiri acara ‘Kaleidoskop Politik: Tiga Blok Utama 2014’ di Jakarta, Senin 30 Desember 2013.
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas


Meski demikian, Jokowi tak bicara soal apakah ia bersedia atau tidak dimajukan menjadi capres. Ia justru menyatakan loyalitasnya terharap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang telah membesarkan dia sejak masih menjabat Wali Kota Solo sampai saat ini.


“Saya kader PDI Perjuangan, titik,” ujar Jokowi. Dia tak menjawab ketika ditanya bagaimana sikapnya jika ada instruksi partai untuk menjadi capres. “Tidak ada ‘kalau’ atau ‘seandainya’,” kata dia.


Pengamat politik UI Boni Hargens memprediksi ada tiga blok politik yang bertarung pada Pemilu 2014. Blok pertama adalah Jokowi, blok kedua Prabowo Subianto, dan blok ketiga adalah Blok X yang akan dimotori Partai Golkar.


Boni meramalkan, Partai Demokrat, PAN, dan PKB akan masuk ke blok Prabowo – tentu saja bersama Gerindra. Sementara PKS, PPP, dan PBB diprediksi Boni akan bergabung ke blok Golkar. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya