Awas, Ada "Patung Hidup" Berkeliaran Meneror Roma

Patung hidup di Roma
Sumber :
  • Telegraph

VIVAlife - Ada peringatan serius bagi para pelancong yang akan pelesir ke Roma, Italia. Jangan menjepretkan kamera sembarangan. Terutama pada patung- patung yang bertaburan di seputar lokasi wisata terkenal di kota itu.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Sebab, banyak patung yang kelihatannya diam tapi ternyata bisa hidup. Mereka bisa mendadak mengejar dan mengancam agar memberi tip besar karena telah memotretnya.

Seorang turis asal Italia mengalaminya saat menikmati liburan Natal di sana. Dalam perjalanan ke Forum Roma, ia memotret sebuah patung dalam posisi duduk melayang dengan topi dan kacamata yang menempel di tiang.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Setelah memotret dan berlalu begitu saja, patung yang tadinya diam itu mengejarnya. Tak sekedar itu, ia juga diancam. Ia kemudian dikeroyok lima “patung hidup” yang meminta tip besar.

Insiden seperti itu semakin sering terjadi di berbagai tempat wisata di Roma. Di antaranya: Forum Roma, Colosseum, dan air mancur Trevi. Para patung hidup itu, biasanya mengenakan kostum gedung Empire State, koboi, dan kerap hadir dengan jubah serta sorban yang melayang.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Dengan pose yang meniru patung perwira Romawi di Sekitar Colosseum, patung hidup itu sering tiba-tiba meneror pengunjung untuk membayar karena memotret mereka. Patung hidup lainnya  berbentuk centurion banyak ditemukan di sepanjang trotoar dan meminta bayaran tinggi dari turis.

Meski unik, mereka ternyata juga merugikan. Jumlah patung yang banyak itu membuat para pelancong sulit menghindar untuk tidak memotret mereka. Penduduk setempat juga menyebut mereka telah mengotori piazza dan trotoar kota.

“Jika tidak ada perubahan, kami siap berdemo pada bulan Januari,” ungkap Augusto Caratelli, kepala komite warga kepada koran lokal Il Messaggero. Seperti dimuat Telegraph, sepanjang 2012, polisi Roma menangkap 60 patung palsu berbentuk centurion di sekitar Colosseum Roma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya