Abu Vulkanik Kelud Bisa Dijadikan Campuran Adonan Semen

Abu vulkanik Kelud
Abu vulkanik Kelud
Sumber :

VIVAnews - Abu vulkanik dari letusan gunung yang terbawa oleh angin dan tersebar sebenarnya tidak berbahaya, khususnya bagi tanah dan tumbuhan. Abu vulkanik itu nyatanya juga memiliki dampak positif dan manfaat pada sisi lain. 

Bukan hanya bermanfaat sebagai pupuk tanaman, tapi ia juga bisa memperbaiki sifat fisika tanah dan mempunyai kemampuan mengikat air. Bahkan, abu vulkanik ini juga bisa dijadikan bahan campuran adonan semen sebagai bahan konstruksi yang cukup bagus, karena bisa menghasilkan kekuatan sampai 150 kilogram per satuan beban. Dan hal ini, kemungkinan juga akan berlaku pada abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud.

Demikian disampaikan Gunawan Budiyanto, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), saat menyampaikan penelitiannya mengenai manfaat abu Gunung Kelud, di laboratorium Tanah, Fakultas Pertanian Kampus Terpadu UMY. Penelitian yang dilakukannya ini juga merupakan kegiatan dari serangkaian acara UMY Peduli Bencana Abu Gunung Kelud, yang dilaksanakan sejak Selasa 18 Februari 2014.

Menurut Gunawan, manfaat atau dampak positif dari abu vulkanik itu diketahui setelah dirinya serta timnya melakukan penelitian terhadap abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Sehingga, histori dari hasil penelitian Gunung Merapi itu akan diulangi lagi pada abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud.