'Blusukan' Politik Jokowi ke Petinggi-petinggi Parpol

Joko Widodo dengan Surya Paloh didampingi Patrice Rio Capella dan Tjahjo
Joko Widodo dengan Surya Paloh didampingi Patrice Rio Capella dan Tjahjo
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan
VIVAnews - Safari politik Joko Widodo, calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dimulai Sabtu siang, 12 April 2014. Mengenakan kemeja putih yang sehari-hari digunakannya dalam kegiatan blusukan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi melangkahkan kaki ke kantor DPP Partai Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Partai Nasdem dipilih Jokowi jadi yang pertama untuk melakukan komunikasi politik. Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mendampingi Jokowi untuk bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Usai pertemuan yang dilangsungkan di lantai lima kantor DPP Partai Nasdem, kedua belah pihak menyatakan sepakat berkoalisi. Nasdem pun memberikan dukungannya kepada Jokowi sebagai calon presiden.

“Kami sepakat merapatkan barisan untuk mendukung calon presiden dari PDIP. Nasdem memberikan dukungannya secara penuh. Capres PDIP dan capres Nasdem sama, yaitu Joko Widodo,” kata Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem, Jakarta.

Setelah memberikan dukungan kepada PDIP dan Jokowi, Nasdem akan ikut membahas soal wakil presiden Jokowi. “Dalam dua atau tiga hari ini, soal itu akan dibicarakan dengan (Ketua Umum PDIP) Megawati,” kata Paloh.

Komunikasi politik PDIP dengan Nasdem gencar dilakukan sejak sehari setelah pemilu legislatif. Kamis lalu, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo dan Wasekjen PDIP Hasto Kristiyanto telah menemui Surya Paloh. Nasdem menjadi partai pertama yang dikunjungi PDIP usai pileg.