Lima Fakta Tentang Sushi

Untuk sementara, jangan terlalu bernafsu memesan salmon sashimi. Pilih salmon yang sudah diolah dalam bentuk sushi. Atau pilih sushi jenis lain yang juga sehat dan lezat. Misalnya yang menggunakan bahan belut atau tobiko (telur ikan terbang yang berwarna oranye).

Menu diet
Anda yang ingin berdiet bisa menjadikan sushi sebagai salah satu menu. Para ahli kesehatan mengungkapkan, sushi cukup variatif dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi.

Sushi terdiri atas beberapa aneka bahan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Sushi ukuran sedang mengandung 350 kalori dan kadar lemak rendah, hanya 3,6 gram.

Meskipun demikian, sebaiknya konsumsi sushi diimbangi dengan asupan sayur-sayuran berserat yang biasanya tersedia di kedai sushi, misalnya ganggang laut atau acar sayuran.

Apa yang kurang sehat dalam sushi?
Salah faktor yang dianggap menjadi kelemahan sushi adalah kadar garam. Penggunaan shoyu atau kecap asin sebagai bahan celupan sushi bisa meningkatkan kadar garam di tubuh.

Tapi sebetulnya tidak. Dua hingga tiga sendok makan shoyu diperkirakan mengandung garam 1 gram. Sedangkan asupan garam dalam sehari maksimal 6 gram. Jadi, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, shoyu masih cukup aman.

Apakah sushi bisa membuat gemuk?
Nasi yang dipakai untuk sushi memang mengandung karbohidrat. Tapi pengolahan sushi menggunakan cuka yang menghambat serapan karbohidrat.