Pesan Kematian Mengharukan Gadis 13 Tahun

Athena Lea Orchard
Athena Lea Orchard
Sumber :
  • Faceboook/Athena Lea Orchard

VIVAlife - Nyaris setahun Athena Orchard berjuang melawan kanker tulang osteosarkoma. Sakit diawali saat ia pingsan di dapur rumahnya sebelum Natal. Minggu lalu, hidup gadis 13 tahun itu berakhir.

Keluarganya dirundung duka. Namun betapa terkejut mereka, saat menemukan sisi lain Athena di balik cermin kamarnya. Caroline menemukan kata-kata inspiratif ketika membereskan kamar putrinya.

Athena menuliskan sekitar tiga ribu kata-kata indah di balik cermin. Itu seperti pesan kematian yang istimewa untuk orang tua dan enam adik kandungnya. Athena berbagi semangat positif untuk hidup.

Ia menulis betapa hidup harus dinikmati. Selagi masih ada kesempatan, lakukan yang terbaik. Sebab, seperti yang terjadi padanya, maut bisa merenggut kapan saja.

“Setiap hari istimewa, buatlah begitu. Kau bisa mendapat penyakit mematikan besok, jadi buatlah hidup istimewa setiap hari. Hidup hanya buruk jika kau membuatnya buruk,” demikian salah satu pesannya.

Ia juga menulis soal cinta. Menurut Athena, cinta bukan soal siapa yang diharapkan untuk mendampingi di masa depan. Melainkan, seseorang yang tak bisa dibayangkan jika kelak tak bersamanya.

“Hidup adalah permainan untuk semua orang, tapi cinta adalah hadiahnya,” ia melanjutkan.

“Aku membacanya. Tapi belum sampai selesai, aku sudah berhenti. Rasanya itu terlalu banyak. Kata-katanya sangat menyentuh,” kata Dean, ayah Athena, seperti dikutip dalam laman Daily Mail.

Athena memang suka menulis. Baginya, itu membuat bahagia. Namun selama ini, ia tak pernah sedikitpun mengungkit soal kata-kata yang ia tulis di balik cerminnya. Athena seperti masih ada di situ.

Semasa hidup, Athena dikenal sebagai sosok yang inspiratif. Setelah divonis kanker, ia pernah menjalani 7,5 jam operasi untuk mengangkat kanker di tulang belakangnya. Berbulan-bulan ia kemoterapi.

Ia kehilangan rambut indahnya, juga kekuatan fisiknya. Namun pandangan positifnya tak pernah luntur. Saat di rumah sakit, justru ia yang menguatkan sang ibunda. Ia berkata, semua akan baik-baik saja.

Karena itulah ia begitu dicintai teman-temannya. Mereka meninggalkan pesan cinta di kaca kamarnya. Para pengguna Twitter pun menggunakan tagar #AthenaOrchard untuk mengenang sosoknya.

“Dia orang paling berani yang pernah aku kenal. Dia begitu cantik dan atletik,” kata Caroline.

Seperti yang dikatakan Athena, hidup bukan tentang bagaimana akhirnya. Hidup adalah tentang cerita yang telah ditorehkan di dalamnya. Ia mengajak berpikir, apa yang telah diperbuat dalam hidup?

Berikut petikan kata-kata inspiratif yang ditulis Athena.

Happiness depends upon ourselves. Maybe it’s not about the happy ending, maybe it’s about the story.

Kebahagiaan tergantung pada kita. Mungkin itu bukan tentang akhir yang bahagia, mungkin itu hanya tentang cerita.

The purpose of life is a life of purpose. The difference between ordinary and extraordinary is that little extra.