Ini Kunci Kemenangan Dramatis Belanda

Wesley Sneijder saat cetak gol ke gawang Meksiko
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVAbola - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, membeberkan kunci kemenangan 2-1 timnya atas Meksiko di babak 16 Besar Piala Dunia 2014, Minggu 29 Juni 2014. Cooling break punya peranan penting di balik kemenangan dramatis Belanda.
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Dalam laga ini, wasit memang memberikan dua kali waktu khusus bagi pemain untuk beristirahat demi menurunkan suhu badan mereka. Pada cooling break di babak kedua, Van Gaal ternyata melakukan perubahan taktik yang akhirnya menguntungkan De Oranje.
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

"Saya mengubah taktik saya di cooling break. Awalnya saya mengubah taktik dari 4-3-3 dan kami mencetak banyak peluang. Kemudian saya pindah ke rencana B dan ya, saya melakukan itu di cooling break. Ini cara cerdas menguntungkan dari masa istirahat," jelas Van Gaal setelah laga, seperti dilansir BBC.
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda

Van Gaal kemudian memberikan pujian kepada pasukannya. Menurut mantan pelatih Barcelona itu, Arjen Robben dan kawan kawan punya keyakinan untuk menang hingga akhir laga.

"Kondisi lembab tidak cocok dengan kami sehingga ketika Anda melihat hingga menit terakhir kami lebih segar dan bugar dari pemain Meksiko, itu merupakan pujian besar untuk pemain saya. Tak hanya karena mereka memiliki keyakinan, tapi secara fisik mereka sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk laga ini. Ini tentu saja memberikan kami keyakinan besar ke depannya," ujar Van Gaal.

Hasil ini menjadi pelajaran berharga bagi Van Gaal. "Kami akan menganalisis lawan kami berikutnya dan memutuskan bagaimana cara menghadapinya," tutup Van Gaal. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya