Singkirkan Kosta Rika Lewat Adu Penalti, Belanda ke Semifinal

Belanda vs Kosta Rika
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder
VIVAbola –
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
Belanda akhirnya memastikan tiket ke semifinal usai melakoni laga yang cukup sulit dengan Kosta Rika di babak perempat final Piala Dunia 2014 di Itaipava Arena Fonte Nova, Minggu 6 Juli. Belanda lolos dengan memenangi adu penalti, dengan skor akhir 4-3.

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Belanda mengalami kesulitan mencetak gol di babak pertama,
Manajer Southampton Tolak Tawaran Jadi Pelatih Belanda
karena penampilan apik dari Keylor Navas di babak pertama. Paruh kedua, kedua tim silih berganti mencetak peluang tapi skor 0-0 tetap bertahan di waktu normal
.


Alhasil, pertarungan keduanya berlanjut ke extra time. Pada babak ini, beberapa peluang De Oranje kembali sukses dimentahkan Navas.
, laga pun harus diselesaikan dengan adu penalti guna mencari sang pemenang.


Sadar akan melakoni babak adu penalti, Belanda mengganti kiper mereka pada babak extra time dengan memasukkan kiper Newcastle United, Tim Krul. Terakhir kali Tim Krul menahan penalti adalah pada 1 Februari 2012 saat Newcastle melawan Blackburn Rovers.


Kosta Rika lebih dulu menendang penalti, Celso Borges berhasil mengeksekusinya dengan baik. Robin van Persie yang maju pertama dari wakil Belanda, mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai sepakannya gagal ditahan Navas.


Bryan Ruiz sebagai eksekutor kedua di kubu Kosta Rika harus gagal mencetak gol, tembakannya mampu ditepis oleh Krul. Belanda berbalik unggul 2-1 usai sepakan Arjen Robben ke sisi kanan gawang tak mampu dihalau oleh Navas.


Skor menjadi 2-2 usai Geancarlo Gonzalez melakoni penaltinya dengan baik. Sneijder sebagai pencetak ketiga menjalankan tugasnya dengan baik, skor 3-2 untuk Belanda. Dengan tenang, Christian Bolanos mampu menyamakan skor menjadi 3-3 usai membobol gawang Belanda.


Dirk Kuyt membuat Belanda semakin menjauh usai mencetak golnya ke gawang Navas, skor 4-3. Sayang, Michael Umana gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Krul mampu menepis bola sepakan eksekutor terakhir dari Kosta Rika itu, Belanda pun berhak melaju ke babak semifinal dan akan melawan Argentina.


Adu Penalti:

Kosta Rika: Celso Borge (gol), Bryan Ruiz (gagal), Geancarlo Gonzalez (gol), Christian Bolanos (gol), Michael Umana (gagal).


Belanda: Robin van Persie (gol), Arjen Robben (gol), Wesley Sneijder (gol), Dirk Kuyt (gol).


Susunan Pemain

Belanda: 1-Jesper Cillessen (Tim Krul ‘120); 2-Ron Vlaar, 3-Stefan de Vrij, 4-Bruno Martins Indi (Klaas Jan Huntelaar ‘106); 15-Dirk Kuyt, 20-Georginio Wijnaldum, 21-Memphis Depay (Jeremain Lens ’76), 5-Daley Blind; 10-Wesley Sneijder; 9-Robin van Persie, 11-Arjen Robben


Kosta Rika: 1-Keylor Navas; 16-Cristian Gamboa (D. Myrie ’79), 4-Michael Umana, 3-Geancarlo Gonzalez, 2-Johnny Acosta, 15-Junior Diaz; 10-Bryan Ruiz, 5-Celso Borges, 17-Yeltsin Tejeda (Cubero ’96), 7-Christian Bolanos; 9-Joel Campbell (M. Urena ’66)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya