Ini Perempuan Pertama yang Mendesain Masjid

Masjid Sakirin di Istanbul
Sumber :
  • ZF Desain
VIVAnews
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa
- Zeynep Fadillioglu adalah otak kreatif di balik banyak restoran, bar, hotel, dan rumah-rumah dengan desain indah di Turki, Eropa, serta Timur Tengah. Dia juga merupakan perempuan pertama yang pernah mendesain sebuah masjid.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Masjid Sakirin yang dibuatnya pada 2009 di distrik Uskudar, Istanbul, membuat banyak orang menahan napas melihat keindahan desain yang memadukan teknik arsitektur modern dan seni tradisional Islam.
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 


Menurut Fadillioglu, desainnya selalu mengikuti permintaan dan kebutuhan kliennya. Tantangannya, kata dia, adalah bagaimana memadukan estetika dan fungsi. Saat mendesain sebuah masjid, alasan religius menjadi batasan dalam membuat desain.


"Saya memadukan Timur dan Barat, antara tradisional dan kontemporer. Desain saya merefleksikan pemahaman modern atas akar budaya kami dan saya bercerita melalui warna, tekstur, tekstil, dan benda-benda artistik," katanya dalam wawancara dengan
BBC
pekan lalu.


Pemilik perusahaan arsitektur dan desain interior Turki yang lahir pada 1955 di Istanbul itu, sebelumnya adalah seorang ahli komputer. Dia menempuh pendidikan di jurusan ilmu komputer Universitas Sussex.


Baru pada 1978, dia tertarik dengan desain interior, dan mengikuti kursus sejarah seni dan desain di Sekolah Desain Inchbald di London. Ketertarikannya berawal dari usaha suaminya di bidang restoran dan klub.


Fadillioglu mendesain sekitar 20 bangunan sebelum mendirikan perusahaannya sendiri, Zeynep Fadillioglu Desain atau ZF Desain di mana dia telah menyelesaikan lebih dari 140 proyek arsitektur kelas dunia.


Perusahaannya yang mempekerjakan 18 arsitek, desainer interior dan seniman, terdaftar di Qatar, Belanda, India, dan Turki. Berbagai karyanya meliputi restoran, hotel dan rumah mewah dapat ditemukan di New Delhi, Abu Dhabi, dan London.


Namun, Fadillioglu yang juga menjadi pengajar di Universitas Bilgi Istanbul, menarik perhatian dunia terutama setelah mencatatkan dirinya sebagai perempuan pertama di dunia yang terlibat dalam pembuatan desain arsitektur masjid.


Arsitektur Masjid Sakirin adalah Husrev Talya dan Fadillioglu membuat desain interiornya, memadukan teknik modern dan seni tradisional Islam. Berbagai penghargaan internasional didapatkannya, seperti International Visionary Award dari Wifts Foundation pada 2011. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya