Peraturan Pabrik di China, Karyawan Boleh Tidur Siang

Ilustrasi tidur di kantor
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Merasa mengantuk saat bekerja menjadi hal yang wajar. Namun, sangat sulit untuk memejamkan mata. Apalagi, jika perusahaan tak memperbolehkan pegawainya tidur saat jam kerja.

Namun berbeda dengan satu perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, China. Selama puluhan tahun, bos sebuah pabrik di China memperbolehkan pegawainya untuk tidur di tempat kerja. Alasannya simpel, untuk memperbaiki produktivitas.

Seperti dilansir Daily Mail, selama 30 menit setiap harinya, karyawan di kawasan Guangdong tersebut dibiarkan terlelap di kursi masing-masing. Mengistirahatkan mata di tengah pekerjaan yang menumpuk sangat berharga bagi mereka.

Untuk tidur sesaat, sebenarnya tidak perlu kasur super empuk seperti yang ada di rumah. Duduk di kursi sambil memejamkan mata ternyata juga bisa menjadi waktu istirahat yang sangat berkualitas. Hal ini pun dinilai sejumlah karyawan sebagai kemajuan yang sangat besar dalam memperlakukan pergawai.

Pemberian izin tidur siang bagi para pekerja merupakan bagian dari reformasi yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir. Dan pabrik tersebut membuktikan efek baiknya yakni produktivitas yang semakin meningkat.

Semenjak adanya peraturan ini di tempat kerja, pemerintah China mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan alur kerja sebesar 30 persen.

Meskipun hanya tidur di kursi, itu tetap memberikan rasa nyaman bagi mereka, para pekerja yang memproduksi mainan dan produk elektronik.

Pabrik-pabrik tersebut memilih pekerja berusia 18-25 tahun. Setiap harinya, mereka bekerja selama 15 jam, selama enam sampai tujuh hari seminggu dengan waktu istirahat yang pendek.

Namun sejak 2005, telah terjadi peningkatan besar dari kualitas kerja. Di antaranya dari faktor kenaikan gaji, waktu tidur siang, ruang makan yang di renovasi dan tempat bersantai seperti ruang tenis meja.

Jumlah paling signifikan memang terjadi karena waktu tidur di tempat kerja. Mereka merasa sangat bahagia dan bos pun setuju.

Baca Juga:

Ungkapan Kecewa Muhammad Ferarri Golnya Dianulir Wasit
Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto kunker ke Inggris,

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

Di depan Airlangga, Menteri Inggris Greg Hands punya kesan mendalam terhadap pesta demokrasi pemilu di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024