Indahnya Siluet Pagi di Puncak Sindoro

Puncak Sindoro
Sumber :
  • VIVAlife/ Dwi Royanto /Semarang

VIVAlife- Anda yang suka dengan tantangan, tak sempurna rasanya jika belum mencoba mendaki puncak di Gunung Sindoro, Jawa Tengah.

Salah satu gunung tertinggi di Jawa ini memiliki keajaiban alam yang luar biasa indah, yang tentu memanjakan mata Anda.

Puncak Gunung Sindoro akan menjadi pilihan menarik bagi Anda penikmat hari libur. Indahnya sensasi siluet pagi di puncak Sindoro sangat jarang ditemui di pegunungan lain pada umumnya. Untuk itu, pemandangan ini menjadi keindahan yang paling diburu.

Berada di  ketinggian 3.150 MDPL, membuat kebanyakan pendaki tak ingin segera beranjak meninggalkan lokasi Puncak Gunung Sindoro. Apalagi pemandangan yang selalu berganti-ganti di tiap pergantian waktu menjadi ciri khas puncak Sindoro. Para pendaki menyebut, fenomena alam itu sebagai "Siluet Sindoro".

Salah satu siluet Sindoro adalah fenomena waktu fajar dengan sensasi warna garis oranye yang muncul kemudian memendar layaknya cermin yang memantulkan bayangan ke segala arah.

Anda yang berdiri di hadapannya akan terlihat layaknya lukisan siluet yang teramat indah akibat goresan kanvas berwarna-warni.

Kondisi itu ibarat lukisan alam yang sengaja ditorehkan dari sebuah garis oranye  horizontal yang dibaurkan dengan gumpalan awan putih yang tebal, lalu perlahan memunculkan keindahan yang sungguh unik.

Mata Anda juga akan dimanjakan oleh beberapa gunung lain yang menjulang tinggi di antara Gunung Sindoro. Diantaranya, puncak Sumbing, puncak Gunung Slamet dan puncak gunung di Jawa Tengah dengan awan yang kerap mengiringi setiap puncak.

Sungguh menakjubkan. Ditambah lagi, hamparan Kawah Sikidang yang berada di Kabupaten Wonosobo yang memantulkan asap membumbung tinggi dari kejauhan.

Namun, seberapa sulit untuk menuju puncak Sindoro? Anda tak perlu khawatir, sebab pendakian Gunung Sindoro telah dikelola secara baik oleh pemerintah daerah setempat.

Jika tertarik untuk merasakan keindahannya, Anda harus memulai perjalanan dengan jalur Temanggung – Wonosobo via kendaraan pribadi maupun angkutan kota. Tepatnya di pos awal kebun teh Tambi, Wonosobo. Di sana, Anda dapat mengurus perizinan pendakian sembari menitipkan kendaraan dengan biaya Rp5000/ motor.

Para pendaki membutuhkan enam, tujuh hingga 10 jam untuk mencapai puncak Sindoro. Perbedaan waktu itu, tergantung apakah Anda pendaki pemula atauhkah yang telah berpengalaman.

Jangan khawatir, perjalanan berjam-jam melelahkan itu akan sirna jika Anda telah berhasil melihat indahnya puncak Sindoro.

Tak hanya itu, dari puncak tersebut, Anda juga bisa melihat hijaunya hamparan kebun teh, pemandangan hutan pinus juga bunga putih edelwais nan cantik.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Baca Juga:

Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Kunci Pelita Jaya Bekap Prawira Bandung dan Lolos Putaran Final BCL Asia

Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhasil memastikan timet le putaran final Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Hal tersebut usai mereka menekuk Prawira Harum Bandung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024