Ritual Berdoa Minta Jodoh ala Thailand

Ritual Minta Jodoh di Thailand
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAlife - Biasanya untuk melakukan ritual berdoa dilakukan di tempat khusus misalnya di tempat ibadah misalnya di kuil, masjid atau gereja. Namun di Bangkok, Thailand, terdapat pemandangan unik. Warga berbondong-bondong berdoa di depan mal besar, Central Plaza Mall, yang penuh dengan lalu lalang pengunjung pusat perbelanjaan.

40 Juta Pemilih Akan Ikut Referendum di Thailand Hari Ini

Pada pusat berbelanjaan yang terketak di 999/9 Rajdamri Road, warga lokal tak mengindahkan keramaian untuk khidmat berdoa di depan dua patung dewa yaitu Dewa Ganesha dan Dewa Trimurti.

Warga tua muda serta pria dan perempuan saling bergantian berdoa di depan patung dewa tersebut. Dewa Ganesha yang berbentuk kepala gajah dan tubuh manusia dengan empat lengan, banyak dikunjungi para pendoa, karena dikenal sebagai dewa kesuksesan.

AS Peringatkan Warganya Agar Berhati-hati di Thailand

Masing-masing lengan pada Ganesha memiliki makna. Lengan pertama, terdapat sebuah tali simpul, yang melambangkan penyatuan emosi dan kasih sayang. Pada lengan kedua terdapat senjata, yang membantu dewa itu untuk menangkal bala. Sementara pada lengan ketiga terdapat gading, yang menyimbolkan penghapusan dari rintangan atau hambatan dalam menggapai kesuksesan. Dan pada lengan terakhir melambangkan keberlimpahan dan kesuksesan.

Selain disembah sebagai dewa kesuksesan, Ganesha juga dikenal sebagai dewa pendidikan, pengetahuan, kebijaksanaan dan kesejahteraan.

Bocah 8 Tahun Ditahan Hanya karena Robek Poster Referendum

Doa Dapat Jodoh

Bersebelahan dengan patung Ganesha, terdapat patung Dewa Trimurti. Pendoa yang berada di depan dewa ini tak kalah ramainya. Bahkan banyak para kaum muda yang khidmat berdoa di depannya.

Konon, warga yang berdoa di depan dewa inj bisa segera menemukan cinta maupun jodoh sejatinya. Maka tak heran, beberapa warga yang berdoa membawa bunga mawar, yang menandakan keinginannya dan perlambang cinta sejati.

"Anda bisa datang dan membawa bunga. Silakan tinggal Anda belok kiri di sana untuk membeli bunga dan bawa berdoa di sini," ujar salah satu warga lokal, Noa, kepada VIVAlife, seraya menunjukkan arah penjual bunga.

Dewa Trimurti merupakan tiga serangkai dewa yang terdiri dari Dewa Brahma, Dewa Vishnu dan Dewa Shiva. Dewa ini berperawakan manusia dengan dua jenis kepala. Satu kepala berada di atas rangkaian empat kepala yang tepat berada di bawahnya. Dewa ini juga memiliki empat tangan.

Untuk ritual berdoa, Noa menyebutkan bisa dilakukan kapan saja, baik pagi hari sampai malam hari. Namun ada kepercayaan waktu yang paling bagus untuk berdoa di kedua patung ini adalah Kamis malam pukul 21.30. Berdoa pada waktu itu diyakini paling ideal agar keinginannya dikabulkan sang maha kuasa.

Saat VIVAlife berkunjung di lokasi ini, beberapa warga terlhat berdoa seusai pulang beraktivitas seharian. Ritual ini pun banyak mengundang perhatian para turis, yang dengan mudah mengabadikan kebiasaan unik tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya