Lima Alasan Mengapa Anda Butuh Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit
Sumber :
  • iStock
VIVAnews - Kartu kredit menjadi kebutuhan dan gaya hidup sebagian besar orang. Namun, masih banyak dari Anda yang mungkin belum memutuskan untuk memilikinya. 
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Ini lima alasan yang bisa memperkuat Anda untuk memiliki kartu kredit. Kartu kredit memang sudah tidak lagi berperan sebagai alat pembayaran non-tunai saja. Sebab, menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi si pemakainya, alat bayar plastik ini telah bergeser menjadi gaya hidup.
Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah
 
Tetapi, sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya tentang kapan saat yang tepat untuk memiliki kartu kredit?
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah
 
Berikut, adalah alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan bila Anda membutuhkan kartu kredit.

Sering cari promo dan diskon 

Ya, ini alasan pertama dan mungkin menjadi alasan setiap orang untuk memiliki kartu kredit. Semua orang suka belanja, apalagi penawaran diskon harga yang ditawarkan cukup menguntungkan. Mulai dari kebutuhan primer dan lainnya mengharuskan Anda untuk berbelanja. 

Banyak kartu kredit yang saat ini menawarkan diskon dan promo khusus untuk kegiatan belanja. Bahkan, mereka bekerja sama dengan ritel-ritel besar. Tidak salah bila saat ini banyak kartu kredit berbentuk co-brand, yaitu kartu kredit yang bekerja sama dengan merek tertentu. 

Biasanya, poin dan potongan harga banyak ditawarkan oleh kartu kredit co-brand. Karena itu, kegiatan belanja Anda bisa lebih hemat. 

Tapi ingat, jadilah pengguna kartu kredit yang bertanggung jawab. Alih-alih mau memanfaatkan diskon, karena lupa dan tidak berhitung, malah menumpuk utang.

Sering lupa bayar tagihan

Kesibukan yang padat, sering membuat Anda lupa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik, air, atau sambungan telepon. 

Ini keuntungan kartu kredit yang bisa digunakan, yaitu fasilitas pembayaran tagihan satu pintu. Cukup daftarkan segala tagihan ke kartu kredit yang Anda miliki. 

Maka, tagihan-tagihan tersebut akan ditempatkan pada tagihan kartu kredit yang Anda terima setiap bulan.
 
Bahkan, saat Anda memakai fitur ini biasanya akan ditawarkan keuntungan-keuntungan lain. Misalnya gratis iuran tahunan kartu kredit, atau poin khusus untuk setiap tagihan yang dibayarkan.

Asyik bukan? Namun, yang terpenting, fitur ini membuat Anda hanya butuh untuk mengingat satu tanggal, yaitu tanggal tagihan kartu kredit Anda.

Sering transaksi online

Anda sering berbelanja online? Bila jawabannya ya, Anda perlu kartu kredit untuk mendapatkan keuntungan dan kemudahan transaksi. 

Sebab, saat ini, hampir semua situs belanja online menempatkan kartu kredit sebagai alat bayar. Bahkan, biasanya penawaran diskon khusus sering ditawarkan oleh beberapa kartu kredit tertentu.

Sering beli tiket pesawat

Selain berbelanja barang, kemudahan juga ditawarkan oleh kartu kredit saat Anda memesan tiket pesawat secara online. Bila Anda adalah seseorang yang sering bepergian dan membeli tiket pesawat, maka kartu kredit adalah benda wajib yang harus dimiliki. 

Untuk pembelian tiket pesawat, kartu kredit tertentu biasanya menawarkan poin khusus dengan istilah miles point atau frequent flyer yang nantinya bisa Anda gunakan untuk terbang gratis. 
  
Sering pergi ke luar negeri

Apakah pekerjaan Anda menuntut untuk sering pergi ke luar negeri? Jika ya, kartu kredit bisa jadi benda penolong. Sebab, salah satu keuntungan utama kartu kredit adalah menjadi alat pembayaran yang diterima di seluruh dunia. 

Ritel yang memiliki logo Visa, atau Mastercard akan menerima kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran. Jadi, Anda pun tidak perlu repot lagi untuk menukar mata uang negara yang Anda tuju. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya