Cara Mempersiapkan Pensiun Sejak Dini

Ilustrasi perencanaan keuangan.
Sumber :
  • iStock
VIVAnews - Pensiun terkadang menjadi sebuah pemikiran bagi sebagian orang yang dan membuat takut. Hal yang paling ditakuti adalah dalam mengatur keuangan Anda. 
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik

Hal ini, tidak perlu ditakuti bila Anda sudah mempersiapkan dari awal untuk masalah ini. Cukup dengan persiapan yang matang, maka pada masa pensiun Anda akan merasa tenang. Berikut, beberapa cara untuk mempersiapkan masa pensiun Anda, seperti dilansir laman Huffingtonpost.
Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik

Mulai untuk menabung
Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial

Jika Anda tidak menabung, sudah saatnya memulainya. Anda bisa mulai dari nilai yang kecil, dan mulai untuk menaikan jumlah tabungan setiap bulan. Semakin cepat Anda menabung, makin banyak uang Anda akan bertambah.

Perkirakan kebutuhan pensiun Anda

Para ahli memperkirakan bahwa Anda akan membutuhkan sekitar 70 persen dari pendapatan sebelum pensiun, sedangkan untuk yang berpenghasilan rendah, angka tersebut naik menjadi 90 persen, atau lebih. Hitungan tersebut, untuk mempertahankan standar hidup saat ini ketika berhenti bekerja. 

Belajar untuk berinvestasi

Bagaimana Anda menyimpan bisa sama penting dengan berapa banyak yang Anda simpan. Inflasi dan jenis investasi yang Anda buat, memainkan peran penting dalam seberapa banyak Anda akan simpan ketika pensiun. Pelajari pilihan investas rencana Anda, seperti masukan tabungan Anda dalam berbagai jenis investasi. Dengan cara ini, Anda lebih mungkin untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan. 

Jangan sentuh tabungan

Jika Anda menarik tabungan pensiun Anda sekarang, Anda akan kehilangan uang pokok dan bunga. Anda mungkin juga kehilangan manfaat pajak atau harus membayar denda penarikan. Jika Anda pindah perusahaan, tetap simpan tabungan pensiun Anda dan jangan diambil walau sedikit pun. 


Baca juga:



(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya