Alasan DPR Tetap Fit & Proper Test Komjen Budi Gunawan

Aziz Syamsuddin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVAnews
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- Calon Kapolri Komjen Budi Gunawan ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Komisi III DPR tetap akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri yang disodorkan Presiden Joko Widod itu.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

"Komisi III DPR tetap akan memproses ini sesuai agenda," kata Anggota Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa dalam dialog dengan tvOne, Selasa 13 Januari 2015.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


Menurutnya, Komisi III sudah rapat untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya. Kesimpulan rapat ada dua.


"Pertama, meneruskan agenda ini berkunjung ke rumah pak budi gunawan jam empat sore ini. Besok jam 9 kita lanjutkan fit and proper test," kata Politisi Gerindra itu.


Menurut Desmond, para anggota Komisi III berpandangan, belakangan ini KPK gampang menetapkan orang menjadi tersangka. Akan tetapi, memproses pasca penetapan itu berlarut-larut dan tidak jelas.


Desmond mencontohkan saat KPK menetapkan tersangka mantan Ketua BPK Hadi Purnomo. Penetapan itu dilakukan pada hari pensiun Hadi.


"Sekarang ini akan ke rumah Pak BG. Besok kita lanjut fit and proper. Komisi III tidak ingin menjadi sesuatu yang stagnan, komisi III tidak ingin agenda terganggu. kalau diam saja ini membuat bingung," kata Desmond.


Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar seorang pejabat negara.


Budi Gunawan disangka telah melanggar pasal 12 huruf a atau b, pasal 5 ayat 2, pasal 11 atau pasal 12 B UU 31 tahun 99 tentang tipikor juncto 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya