Apa yang Membuat Vario 150 eSP Spesial?

Honda Vario 150 eSP
Sumber :
  • Welovehonda

VIVAnews - Awal 2015 ternyata dijadikan sebagai waktu yang tepat bagi PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menetaskan produk terbarunya dari segmen matik di tanah air, yaitu Vario 150 eSP.

Promosi Mulut ke Mulut, Motor-motor Ini Laku Terjual

Motor ini merupakan skutik berkapasitas mesin 150cc pertama yang diproduksi di Indonesia. Nantinya, skutik ini akan ditempatkan untuk mengisi ceruk premium alias kelas atas bagi Honda di tanah air.

Menurut Presiden Director AHM, Toshiyuki Inuma, motor ini merupakan kendaraan yang telah dijejali berbagai perangkat atau fitur yang sarat akan teknologi. Sebut saja penanaman Answer Back System, Dual Keen Eyes LED Headlight dan ban tubeless yang menambah kenyamanan saat berkendara.

Makhluk Ini Kerap Bikin Panik Pemilik Vario Baru

"Motor ini semakin menarik karena dilengkapi penerapan Honda Smart Technology. Teknologi ini menghasilkan dampak minimal terhadap lingkungan dan biaya operasional konsumen," ujar Toshiyuki Inuma, di sela-sela peluncuran Vario 150, di Jakarta, Rabu 14 Januari 2015.

Honda Smart Technology diklaim Honda sebagai teknologi pintar yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mulai dari sebelum berkendara hingga tiba di tempat tujuan.

Mengulas Kemampuan Honda Vario 150 eSP

Sebelum memulai perjalanan, pengendara akan disuguhkan dengan fitur Answer Back System, yakni memberi kemudahan untuk mengetahui letak posisi motor. Dengan menekan tombol remote, motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala.

Selain itu, model ini memiliki lampu Dual Keen Eyes Headlight dengan LED yang mampu memberikan intensitas cahaya lebih terang, pemakaian listrik yang diklaim lebih hemat, dan masa pakai yang lebih lama.

Motor ini juga masih mengusung fitur Side Stand Switch, yakni standar samping yang dapat mematikan mesin, serta Brake Lock yang dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan. Fitur ini juga dapat digunakan saat motor berada di jalanan menanjak.

Fitur lainnya yang masih dipertahankan adalah kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian. Kehadiran semakin lengkap dengan ruang bagasi terbesar di kelasnya, yakni 18 liter, yang dapat menyimpan helm full face.

Mesin lebih irit

Untuk bagian mesin, model ini sudah mengusung teknologi eSP. Teknologi ini diketahui mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien, meminimalisasi gesekan dan mengurangi risiko bensin terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar. Selain performa lebih maksimal, konsumsi bahan bakar pun akan lebih irit.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Honda, konsumsi bahan bakar tercatat 52,9 kilometer per liter melalui pengaktifan fitur Idling Stop System (ISS). Emisi yang dihasilkannya pun lebih baik karena sudah mengusung standar emisi EURO3.

Pada jarak 0-200 meter, motor ini diklaim mampu mencatat waktu 11,9 detik dengan kecepatan maksimal 102 kilometer per jam.

Teknologi eSP yang ada di motor ini rupanya juga sudah terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin dengan suara lebih halus. Teknologi ISS yang ada di Vario 150 juga memungkinkan mesin berhenti bekerja saat berhenti lebih dari tiga detik. Untuk menyalakannya kembali, pengendara hanya perlu menarik tuas gas.

Teknologi yang terakhir adalah kehadiran Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan lebih ciamik.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya