Nissan March akan Usung Mesin Baru

Peluncuran New Nissan March
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Kabar terbaru datang dari pabrikan mobil asal Jepang, Nissan. Dilansir dari situs Motorbeam, Rabu 14 Januari 2015, Nissan berencana untuk segera meluncurkan versi terbaru dari city car mereka, Nissan March.

Penjualan Nissan March Makin Tergerus, Ada Apa?

Berbeda dengan versi sebelumnya, mobil yang akan diproduksi di Brasil ini menggunakan mesin dengan desain baru. Untuk mengurangi bobot, Nissan akan memakai bahan baku aluminium untuk mesin ini.

Pengurangan bobot ini juga dibarengi dengan penurunan kapasitas mesin, dari 1.200cc menjadi 1.000cc. Jumlah silinder yang digunakan akan sama, yakni tiga silinder dengan empat katup di tiap silindernya.

Ingin Miliki Nissan March Gratis? Ini Caranya

Uniknya, dengan spesifikasi mesin yang lebih rendah, Nissan berhasil menjaga tenaga maksimumnya tetap ada di angka 76 daya kuda. Namun, torsi yang dihasilkan tentunya turun, yakni dari 109 Newton meter menjadi 98Nm. Meski demikian, berkat pengurangan bobot, diyakini akselerasi March versi baru ini kurang lebih akan sama dengan generasi sebelumnya.

Sayangnya, Nissan memutuskan untuk membuat dua versi dari March. Versi pertama adalah yang dibuat di pabrik mereka di Brasil, sementara versi kedua diproduksi di India.

Kedua model ini akan menggunakan platform yang berbeda, di mana versi Brasil memakai platform CMF yang baru saja diumumkan Nissan. Produksi dari pabrik Brasil ini akan diekspor ke negara-negara di Amerika dan Eropa.

Nissan Masih Terlalu Sayang 'Suntik Mati' March

Sementara itu, produksi yang dilakukan di pabrik India masih akan menggunakan V-Platform, yang juga dipakai oleh Datsun Go dan Go+. Namun, Nissan belum memberi tahu apakah mesin 1.000cc baru akan digunakan di semua lini produksi, ataukah hanya khusus untuk unit yang dibuat di Brasil saja. (one)

Baca juga:

Nissan March terbaru siap diproduksi

Bocoran Wajah Nissan March Generasi Terbaru

Kapan Nissan meluncurkan March terbaru?

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016