Kaliandra, Wisata Alam Sekaligus Edukasi

Kaliandra
Sumber :
  • kaliandrasejatifoundation.org

VIVAlife - Pernahkah Anda tahu ternyata di sudut kota Pasuruan terdapat lembaga swadaya masyarakat yang penuh dengan kearifan budayanya. Tempat itu adalah Kaliandra, sebuah wujud kearifan budaya Jawa serta pendidikan. Tempat ini berupa komplek yang luas dan sajikan dengan pemandangan yang hijau.

Menurut laman Indonesia Travel, pengunjung dapat berkeliling komplek atau naik turun dari Hastinapura ke Bharatapura. Kaliandra mengembangkan beragam program pendidikan bagi pengunjung baik lokal maupun internasional.

Kaliandra sendiri telah berdiri sejak tahun 1997. Kelahiran Kaliandra ternyata memiliki visi mulia yaitu "Terciptanya manusia yang mandiri, berbudaya dan berkelanjutan".

Dalam pemberian nama Kaliandra pun terdapat filosofinya yaitu terinspirasi dari pohon Kaliandra yang merupakan tanaman perintis yang kuat bertahan di lahan krisis dan memiliki banyak fungsi. Tempat ini berada di kaki Gunung Arjuno, Pasuruan.

Bagi Anda yang mempunyai aktivitas tinggi dan ingin menenangkan pikirkan datanglah ke tempat ini. Pengunjung akan ditawarkan keindahan lingkungan yang asri dan sejuk.
Kaliandra merupakan tempat yang artistik penuh edukasi dan pengenalan budaya Jawa lebih dalam.

Berkeliling disekitar Kaliandra paling tepat dengan berjalan kaki, selain membuat tubuh jadi sehat, pengunjung juga dapat melihat aktivitas para warga dan bercengkerama dengan intimasi yang erat. Sebagian besar karyawan di Kaliandra adalah penduduk setempat.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan berbasis kebudayaan, pertanian organik, dan ekowisata. Dalam aktivitasnya Kaliandra berpijak pada prinsip menjunjung tinggi nilai budaya, seperti gotong royong, partisipasi kemitraan, disiplin, dan kemandirian.

Baca juga:

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara
Wisata Mangrove Pemalang

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Rencananya ada rumah pohon di desa wisata tersebut.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016