Delapan Tipe Karyawan di Kantor

Ilustrasi Persaingan Kantor
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Setiap perusahaan memiliki berbagai tipe karyawan yang berbeda. Ada karyawan yang merupakan seorang pekerja keras, seseorang yang kreatif, perfeksionis hingga pembuat onar. Watak dan kebiasaan mereka dalam melakukan suatu pekerjaan menjadi dua hal yang menentukan tipe seseorang sebagai karyawan perusahaan.

Lalu, karyawan tipe mana kah Anda?

Berikut ini adalah delapan tipe karyawan yang selalu ada di setiap perusahaan seperti yang dilansir dari Times of India.

Inspirator


Tipe karyawan yang satu ini sangat diinginkan oleh perusahaan mana pun. Mereka umumnya sangat percaya pada perusahaan sehingga begitu berdedikasi dan berkomitmen dalam mengerjakan setiap tugasnya.

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik

Mereka juga mencintai pekerjaannya sehingga tugas yang diberikan dilakukan tanpa menjadi beban. Mereka juga juga mudah memotivasi diri dan memberikan segalanya untuk pekerjaan. Karyawan tipe ini juga biasanya memiliki loyalitas yang kuat dan selalu menginspirasi rekan-rekan kerjanya.

Pekerja keras

Seperti julukannya, karyawan tipe ini begitu berdedikasi dan mengabdi pada pekerjaannya. Mereka juga cenderung menunjukkan loyalitas tulus untuk perusahaan dan sering bertahan pada pekerjaan mereka selama bertahun-tahun.

Meski begitu, karyawan semacam ini mungkin tidak memiliki kemampuan akan kepemimpinan. Umumnya, mereka juga membutuhkan dorongan dari atasan untuk mengambil inisiatif karena mereka lebih sering menunggu perintah dari atasan.

Kreatif

Karyawan yang kreatif selalu datang ke kantor dengan ide-ide dan pemikiran baru. Mereka juga selalu mengambil inisiatif akan proyek-proyek baru yang inovatif. Namun, kekurangan mereka adalah sering melompat ke hal-hal baru yang lebih menarik dan sulit untuk tetap bekerja pada proyek lama.

Penjilat

Karyawan tipe ini hanya fokus pada hal-hal yang membuat namanya besar dan tidak sabar untuk naik pangkat. Mereka dapat dikenali dari perilakunya yang selalu haus pengakuan.

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial

Mereka menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuannya dan tidak segan-segan mendekati atasan atau menjelek-jelekan sesama rekan kerja.

Anak bawang

Mudah diintimidasi dan selalu meminta simpati adalah dua tanda Anda adalah karyawan tipe yang satu ini. Mereka juga umumnya masih butuh banyak ilmu dan pengetahuan. Tak jarang pula mereka dicap sebagai seseorang yang naif.

Pengacau

Setiap perusahaan pasti memiliki karyawan yang merupakan seorang troublemaker atau pembuat onar. Mereka biasanya tidak menyukai pekerjaan mereka dan memastikan bahwa setiap rekan kerja di kantor mengetahui hal tersebut.

Perilaku seperti datang terlambat, sering membolos hingga tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu adalah beberapa hal yang selalu mereka lakukan.

Materialistis

Ini adalah tipe karyawan yang bekerja hanya demi gaji. Mereka telah kehilangan minat mereka dalam pekerjaan dan tidak memiliki motivasi untuk bekerja.

Ciri-ciri Generasi Millennial Saat Cari Kerja

Namun, mereka tetap bertahan karena telah mencapai tempat yang nyaman di perusahaan dan membutuhkan pemasukan uang setiap bulan. Karyawan materialistis juga biasanya melakukan pekerjaan paling sedikit dan meninggalkan kantor tepat waktu ketika jam kerja berakhir.

Perfeksionis

Karyawan yang perfeksionis memang memiliki banyak kelebihan. Mereka sangat disiplin, teliti dan tak kenal lelah dalam melakukan pekerjaan. Sayangnya, mereka cenderung meributkan hal-hal kecil mulai dari tanda baca dalam presentasi dan terlalu sering menghabiskan waktu memeriksa pekerjaan.

Baca juga:

Minni Solomons

Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik

Dia telah menjadi pelatih fitnes selama 70 tahun.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016