Google Translate Bisa Terjemah Bahasa Lewat Smartphone

Fitur baru Google Translate
Sumber :
  • iDownload
VIVAcoid
Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
- Melakukan perjalanan akan lebih mudah dengan smartphone. Bukan hardware dalam smartphone melainkan software aplikasi buatan Google yang bisa menerjemahkan beragam bahasa asing.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Aplikasi penerjemah Google telah ada sejak lama, namun kali ini perusahaan iklan digital terbesar itu meningkatkan kemampuannya. Tidak hanya menerjemahkan teks, tapi juga marka jalan, menu dan lainnya ke dalam bahasa Inggris.
Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India


Google berhasil mengubah smartphone menjadi penerjemah bahasa
real-time.
Dengan demikian, mereka berharap penggunanya akan lebih mengerti bahasa asing saat berada di luar negeri.


Selain itu, menurut Google, aplikasi terjemahan ini diharapkan bisa menjadi alat yang berguna bagi guru, pekerja medis, polisi, dan lainnya yang memiliki peran penting dalam berinteraksi dengan komunitas multibahasa.


Untuk menggunakannya, pengguna tinggal mengarahkan kamera smartphone ke arah teks gambar yang ingin diterjemahkan. Smartphone yang digunakan bisa Android maupun keluaran Apple. Dalam hitungan detik, akan keluar versi bahasa yang diinginkan dari teks dalam gambar.


Beberapa bahasa yang bisa diterjemahkan adalah Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, atau Spanyol. Semuanya akan berubah menjadi bahasa Inggris.


"Kami memungkinkan para pengguna untuk bisa menerjemahkan teks menggunakan kamera smartphone. Ini merupakan cara yang murah untuk bisa berjalan-jalan di wilayah asing, baik menyusuri jalanan Italia maupun memilih menu makan di Barcelona," ujar tim Google Translate, seperti dikutip
Business Insider
, Kamis 15 Januari 2015.


Ini merupakan hasil nyata atas akuisisi yang dilakukan Google terhadap Quest Visual tahun lalu. Perusahaan yang didirikan mantan pengembang game, Otavio Good, ini memiliki teknologi bernama Word Lens. Teknologi itu memanfaatkan mode video dalam kamera smartphone untuk memindai objek yang dibidik, mengidentifikasi tulisan untuk kemudian ditampilkan dalam bahasa Inggris.


Fitur baru lainnya dari Google Translate adalah menerjemahkan percakapan. Ada 38 pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan saat terjalin perbincangan. Semua ini berkat
voice recognition
dan cloud internet. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya