BNI Resmi Jadi Trustee Ekspor Gas Sanga-Sanga

Gedung BNI di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAcoid - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) secara resmi dipercaya menjadi 'trustee and paying agent' untuk mengelola penjualan ekspor gas dari Blok Sanga-Sanga, Kalimantan Timur.

Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo mengatakan, perjanjian trustee and paying agent dalam penjualan ekspor migas ini merupakan perjanjian yang kedua bagi BNI. Total transaksi Blok Sanga-Sanga ini diperkirakan mencapai US$300 juta.

"Sebelumnya, BNI juga ditunjuk sebagai trustee and paying agent bagi penjualan gas blok Mahakam," ujarnya di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Kamis 15 Januari 2015.

Gatot menjelaskan, pengelolaan Blok Sanga-Sanga ini menggunakan skema baru yang tidak digunakan saat mengelola Blok Mahakam. Perseroan menggunakan skema, di mana BNI kantor cabang Singapura sebagai trustee and paying agent bekerja sama dengan unit trust di dalam negeri untuk melakukan pengelolaan hasil penjualan ekspor gas Blok Sanga-Sanga.

“Penunjukkan ini merupakan milestone bagi industri migas maupun industri perbankan Indonesia," tuturnya.

Menurut Gatot, melalui skema ini, BNI mampu menyediakan layanan trustee yang sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 16/10/2014 tanggal 14 Mei 2014 mengenai Penerimaan Devisa Hasil Ekspor, serta menjadikan BNI sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang memberikan layanan trustee atas penjualan ekspor gas di industri migas Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih, karena BNI dipercaya kembali menangani layanan trustee ini di industri migas, yang sekaligus membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Sebagai informasi, penandatanganan perjanjian kerja sama trustee and paying agent ini dilaksanakan oleh Direktur Utama BNI Gatot M. Suwondo, President & CEO VICO Indonesia Gunther Alois Newcombe dan Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman.

BNI Salurkan Kredit Rp326,7 Triliun Selama Tiga Bulan

Baca juga:

Laba Bersih BNI Kuartal I Naik Tipis

(asp)

Bank BNI

Tampung Tax Amnesty, BNI Pikirkan Lepas Saham Syariah

Pelepasan saham BNI Syariah dilakukan ke mitra strategis.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016