Pemerintah Klaim Harga Bahan Pokok Turun Sesuai BBM

Sofyan Djalil Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Pemerintah akan mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hari ini, Jumat 16 Januari 2015. Bahkan, pemerintah juga mengklaim harga bahan pokok juga akan turun seiring harga baru BBM tersebut.

"Pemerintah yang mengkomando. Intinya, kalau ongkos produksi dan cost angkut turun, harga bahan pokok turun. Kalau harga tidak turun, struktur pasarnya tidak sehat," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Sofyan mengatakan bahwa pemerintah juga akan meminta Perum Bulog untuk masuk ke pasar kalau harga-harga bahan pokok masih tinggi. Misalnya, harga beras, padahal harga BBM sudah turun.

"Saat harga naik, Bulog turun jadi stabilitator harga," jelasnya.

Saat ditanyakan bagaimana dengan tarif angkutan, dia mengungkapkan, justru yang paling terdampak dari penyesuaian harga BBM adalah sektor ini. Sofyan menyebut, untuk hal ini, pemerintah belum ada pembicaraan.

"Belum. Nanti Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan yang akan mengumumkan," jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah memastikan bahwa dasar hukum penyesuaian harga BBM yang akan dilakukan setiap dua minggu sekali tengah difinalisasi.

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan penurunan harga BBM di Istana Negara siang ini. Jokowi pun memberikan bocoran harga dasar premium akan diturunkan di kisaran Rp6.400-Rp6.500 per liter.

Harga Resmi Pertamax Turbo, BBM dengan RON 98


Baca juga:

Menkeu Tegaskan Tak Ada Penghapusan Subsidi Solar

(asp)

Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar

Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?

Kebanyakan konsumen malas antre, jadi pakai bensin seadanya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016