Nasib Blok Mahakam Diumumkan Bulan Depan?

Menteri ESDM Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, menjelaskan nasib Blok Mahakam. Rencananya, bulan depan sudah ada keputusannya.

"Untuk Blok Mahakam, rencananya, Februari sudah diputuskan," kata Sudirman, di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin 19 Januari 2015.

Dia mengatakan bahwa saat ini keputusannya mendekati final. Mantan dirut PT Pindad (Persero) mengatakan, pihaknya juga mengadakan pembicaraan setiap minggu tentang blok ini.

Tak hanya itu, Sudirman turut membuka kesempatan bagi pemerintah daerah Kalimantan Timur untuk berpartisipasi dalam pengelolaan blok itu. Tetapi, dia tak mau pemerintah daerah menjadi alat bagi pihak-pihak lain.

"Kami mau memberi kesempatan. Yang penting, pemda jangan dijadikan muka, tetapi di belakang ada orang-orang tidak berniat yang menguasainya," kata dia.

Seperti diketahui, Blok Mahakam merupakan satu dari empat blok migas, yang akan habis masa kontraknya pada 2017. PT Pertamina kini bersiap untuk mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam, yang saat ini masih dikuasai Total dan Inpex, dua raksasa minyak Prancis dan Jepang. Namun, hingga kini belum ada keputusan tentang nasib blok tersebut.

Ini Rencana Pertamina Setelah Blok Masela Diputuskan

Baca juga:

(asp)

Bonus Tanda Tangan di Blok Mahakam Dipertanyakan
Ilustrasi blok migas

SKK Migas Siapkan SK Alih Kelola Blok Mahakam

SK dibutuhkan agar produksi terus berjalan.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016