Antam Resmikan TBRC Senilai US$500 ribu

Seorang warga mendatangi PT Antam untuk melakukan transaksi pembelian emas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) meresmikan fasilitas Top Blown Rotary Converter (TBRC) senilai US$500 ribu. Fasilitas tersebut untuk menambah nilai tambah dalam negeri sesuai dengan Undang-undang Minerba Nomor 4 tahun 2009.

Fasilitas ini mampu mengekstrak logam emas dan logam-logam berharga lainnya, seperti selenium, paladium, platinum, dan lain-lain dari produk anode slime.

Direktur Operasi Antam, Tedy, Senin 19 Januari 2015, mengatakan bahwa peresmian fasilitas ini merupakan salah satu upaya ekspansi bisnis Antam di komoditas emas.

"Pengoperasian TBRC juga merefleksikan strategi Antam dalam mengintensifkan pendapatan dari komoditas emas, setelah sebelumnya melakukan ekspansi bisnis emas retail melalui Butik Emas LM dan penyediaan jasa gold depository BRANKAS," ujarnya di Pulogadung, Jakarta.

Tedy menjelaskan, fasilitas ini mampu mengolah 500 ton anode slime per tahun. Dengan asumsi rata-rata kandungan logam emas satu persen di setiap ton anode slime, Antam akan mendapatkan tambahan lima ton emas.

Dengan demikian, kata Tedy, Antam akan mendapatkan tambahan lima ton emas di luar produksi yang sudah ada saat ini yang berasal dari tambang emas Pongkor dan Cibaliung.

"Di masa depan, Antam berencana meningkatkan kapasitas pengolahan menjadi dua ribu ton anode slime per tahun untuk meningkatkan volume ekstraksi emas," terangnya.

Melalui peresmian fasilitas ini, pihaknya berharap, pemerintah mendukung dalam hal biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN), mengingat proyek anode slime merupakan salah satu proyek strategis Antam sebagai salah satu katalisator industri nasional.

Dia beralasan, karena pengolahan anode slime merupakan upaya yang strategis.

Meski Harga Naik, Sebagian Emas Antam Sudah Habis Terjual

"Selama ini, produk tersebut langsung diekspor ke luar negeri tanpa ada upaya pengolahan di dalam negeri dalam rangka menigkatkan pendapatan negara," tambahnya.

Baca juga:

Malut Minta Perhatian Pemerintah

(asp)

Menanti Putusan The Fed, Harga Emas Kian Berkilau
Harga Emas

Sinyal The Fed Bikin Harga Emas Naik

Emas antam naik Rp1.000.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016