SpaceX Dapat Suntikan Dana dari Google

CEO SpaceX Elon Musk
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni/Files

VIVA.co.id - Space Exploration Technologies (SpaceX) akhirnya mendapatkan tambahan dana lagi. Google dan Fidelity menyuntikkan dana sebesar US$1 miliar dan secara resmi menjadi investor baru SpaceX.

Dilansir melalui Reuters, Rabu, 21 Januari 2015, dengan dana tersebut, total saham yang dimiliki keduanya di SpaceX hanya di bawah 10 persen.

Menurut keterangan resmi SpaceX, pendanaan akan membantu perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu untuk terus melanjutkan riset dan pengembangan. Riset yang dilakukan SpaceX selama ini berkaitan dengan transportasi, produksi satelit dan lainnya.

Dengan bergabungnya Google dan Fidelity, investor SpaceX bertambah. Sebelumnya ada Draper Fisher Jurvetson, Founders Fund, Valor Equity Partners and Capricorn yang tercatat sebagai penyandang dana SpaceX.

Google sendiri sejatinya memang telah berniat untuk menggeluti sektor misi luar angkasa. Tahun lalu mereka mengakuisisi perusahaan mahal, termasuk produsen satelit Skybox Imaging dengan mahar US$500 juta.

Pengumuman SpaceX ini bersamaan dengan aksi Planet Labs. Operator satelit yang berbasis di San Francisco ini mengaku telah mendapatkan dana US$95 juta untuk membangun bisnis penjualan pencitraan satelit dan data ke konsumen. Planet Labs dididirikan oleh mantan ilmuwan NASA.

Sebagian penyandang dana di SpaceX ternyata juga mendanai Planet Labs. Di antaranya Draper Fisher Jurvetson.

Baca juga:

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016