Empat Langkah Bijak Saat Ajukan Kredit Bank

Ilustrasi pajak
Sumber :
VIVA.co.id
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
- Setiap pengajuan kredit selalu memiliki tujuan. Mulai dari mengambil kredit untuk modal usaha, merenovasi rumah, dana pendidikan, kebutuhan darurat, atau lainnya.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Saat ini, bank pun memberi kemudahan memberikan kredit bagi masyarakat. Tidak jarang pula orang justru salah mengalokasikan kredit yang diterimanya.
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah


Alih-alih digunakan untuk tujuan yang telah direncanakan, dananya malah habis tak berbekas. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, agar Anda bisa lebih bijak saat ajukan kredit bank. Apa saja?

Tentukan prioritas


Tetapkan skala prioritas untuk kebutuhan. Bila pengajuan kredit Anda adalah untuk menambah dana pendidikan, maka gunakanlah semestinya.


Jangan sampai alasan Anda untuk mengajukan kredit adalah hanya karena iming-iming kredit berbunga flat, atau semacamnya. Selanjutnya, saat kredit disetujui dan uangnya diterima, Anda malah menggunakannya untuk membeli barang-barang konsumtif yang tidak terpakai.


Cobalah untuk melihat kebutuhan hidup dalam sebuah gambar besar.


Ingat, kredit miliki bunga


Apakah sebelum mengajukan kredit Anda banyak membandingkan bunga yang dimiliki dari tiap bank? Apa pun kredit yang Anda ajukan, cobalah bandingkan sistem bunga dan fasilitas yang diberikan.


Gali informasi tentang sistem bunga yang berlaku di bank. Dengan begitu, Anda akan mempunyai gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan per bulannya dan total pengembalian kredit yang nantinya akan Anda berikan pada bank.


Masih ragu? Banyaklah membaca artikel tentang perkreditan. Anda juga bisa menggunakan kalkulator simulasi kredit yang disediakan situs perbandingan produk finansial.


Pilih jangka pendek


Sebaiknya, jika memungkinkan ambilah kredit dengan jangka waktu yang pendek. Sebab, biasanya bunga yang tersebut akan menjadi lebih sedikit saat kita membayar dalam tempo yang lebih singkat. Walau begitu, angsuran, atau cicilan yang harus Anda bayar pun akan lebih besar.


Ambil cicilan dengan jangka waktu yang panjang memang seperti lebih murah. Sebab, jumlah yang dibayarkan per bulan jadi terlihat sedikit. Namun, bila berhitung, Anda akan menemukan bahwa bunga yang Anda bayarkan nantinya jauh lebih banyak dibanding yang kredit dengan jangka pendek.


Alokasikan pendapatan

Sebelum ajukan kredit, buatlah alokasi-alokasi biaya dengan pendapatan tetap Anda selama sebulan. Jadi, bila pengajuan kredit Anda nantinya diterima, maka Anda akan tahu ke mana uang yang Anda terima bisa ditempatkan.


Yang terpenting, Anda memiliki sejumlah dana yang cukup untuk biaya tak terduga jika misalnya Anda jatuh sakit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya