Cara Praktis Buat Brownies Kukus Cokelat

Browniews Kukus Coklat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rimba Laut

VIVA.co.id - Nama kue brownies mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Apalagi, bagi yang terbiasa membuatnya, termasuk penyuka jenis kue ini pasti sangat tahu kelezatan dari brownies.

Ya, kue brownies pada awalnya tercipta dari suatu resep cake, namun setelah diproses hasilnya malahan menjadi bantat, basah, tidak lembut, warnanya cokelat kehitaman serta tidak sesuai dengan resep kue tersebut. Akan tetapi, siapa yang menyangka karena ternyata kue brownies justru lebih banyak diminati dibandingkan kue lainnya oleh berbagai golongan.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia seakan jatuh hati pada kue brownies. Bahkan, saat ini, brownies sudah memiliki aneka macam variasi bentuk, rasa dan warna yang sangat menarik.

Lidah Anda pun akan dimanjakan oleh beragam rasa brownies, seperti rasa cokelat, strawberry, pandan, tape hingga ubi ungu. Bahan yang digunakan pun tidak hanya dengan tepung terigu, melainkan ada yang menggunakan bahan baku dari tempe, tahu, ubi yang dikukus kemudian dihancurkan dan masih banyak lagi.

Seperti diketahui, pengolahan brownies manis saat ini bukan hanya dipanggang. Tetapi juga dapat dikukus dan ternyata brownies kukus jauh lebih sehat.

Setidaknya, sebelum Anda menikmati kelezatan dari brownies kukus dengan aneka rasa yang ada, maka sebaiknya perlu mengetahui pula manfaatnya. Brownies kukus tidak memiliki radikal bebas yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Dan tahukah Anda, ternyata brownies kukus yang rasa cokelatnya sangat terasa memiliki efek baik untuk tubuh kita, yaitu menyegarkan dan menenangkan pikiran. Efek tersebut merupakan salah satu manfaat cokelat yang terkandung di dalam kue brownies.

Menurut Hendrika F, salah seorang ibu rumah tangga mengatakan bahwa cokelat pada brownies kukus manis berfungsi untuk mencegah terjadinya kolesterol di dalam darah, mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker serta sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, katanya, brownies yang mengandung banyak gula sederhana juga dapat memberikan energi yang berfungsi untuk memulihkan tenaga secara cepat.

"Meski demikian harus tetap berhati-hati karena kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan aneka macam penyakit yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Khususnya bagi penderita diabetes sebaiknya hindari makanan-makanan manis ini," terangnya kepada VIVA.co.id, Kamis 22 Januari 2015.

Kali ini, Hendrika berbagi tips tentang cara praktis dalam membuat brownies kukus cokelat. Menurut dia, hanya dengan uang sebesar Rp150 ribu, Anda sudah dapat menciptakan brownies kukus cokelat spesial dan tak kalah dari kue serupa yang dijual di toko-toko kue terkenal hingga di hotel berbintang.

"Harga ekonomis, apalagi di kondisi harga-harga sedang melambung tinggi seperti sekarang ini," ungkapnya.

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan brownies kukus cokelat:

Bahan

A:
-10 butir telur
-350 gram gula pasir
-25 gram SP
-1 sendok teh garam

B:
-225 gram terigu
-50 gram cokelat bubuk
-1 sendok teh baking powder (pengembang kue)

C:
-250 gram mentega
-200 gram cokelat blok
-1 sendok makan rhum
-1 sendok makan cokelat pasta

D:
-200 gram meses cokelat

Cara membuat

-Kocok bahan A sampai adonan kental
-Masukkan bahan C, aduk rata baru campur dengan bahan B
-Siapkan loyang ukuran 24 cm dan tinggi 8 cm
-Oles mentega dan dilapisi kertas roti
-Tuang adonan setengah bagian lalu kukus kurang lebih selama 15 menit sampai matang
-Taburi meses dan tuang lagi adonan yang setengah bagian sisanya kemudian kukus kembali hingga matang

Mudah bukan?

Resep Brownies Kukus Cokelat Putih

Selamat mencoba...

Baca juga:

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan
Ilustrasi brownies

RESEP: Manjakan Keluarga Dengan Brownies Cokelat Keju

Brownies dulu tercipta secara tidak sengaja.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015