Windows 10 Dilengkapi Asisten Virtual, Cortana

Cortana di Windows 10.
Sumber :
  • Microsoft

VIVA.co.id - Microsoft memastikan jika Windows 10 akan dilengkapi dengan fitur kendali suara yang dinamai Cortana, khusus untuk PC. Bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat hanya dengan suara, mirip seperti asisten virtual.

Untuk bisa menggunakan sistem operasi terbaru itu, pengguna Windows lama, baik Windows 8 maupun 7 atau Windows Phone, bisa memperbaharui software secara gratis. Diharapkan OS terbaru ini bisa menaikkan kembali pamor software Windows yang pangsa pasarnya mulai menurun.

Dilansir melalui BBC, Kamis 22 Januari 2015, Microsoft mengungkapkan jika Windows 10 bisa digunakan di perangkat dengan berbagai ukuran, baik tablet, PC, smartphone, ataupun konsol game. Fitur baru yang menarik adalah Cortana, sebuah software yang memungkinkan perangkat dikendalikan dengan suara, bisa digunakan di Windows Phone. Pengguna bisa merasakan memiliki asisten pribadi, meski tak berwujud.

"Cortana bisa berfungsi sebagai asisten. Beberapa di antaranya bisa memunculkan dokumen presentasi Powerpoint, mengalokasi foto yang diambil dalam waktu tertentu, menulis dengan suara dan mengirimkannya, menunjukkan lokasi objek tertentu, sampai memberikan peringatan atas cuaca hari ini," ujar eksekutif Microsoft, Joe Berlfiore.

Selain itu, kata Belfiore, software juga bisa merespons perintah yang ditulis. Menurut Microsoft, suara akan menjadi pelengkap dalam cara orang menggunakan komputer, bukan sebagai pengganti.

Microsoft Diam-diam Hadang Chrome dan Firefox di Bing

"Jika Anda melakukan semua perintah dengan suara, daripada menyentuh atau mengklik, itu akan sangat mengganggu. Tapi jika anda menyerahkan semua pada Cortana, kekuatannya sungguh luar biasa," katanya.

Sebelumnya, Windows 8 banyak dikiritik karena menempatkan fokus penggunaan pada fungsi sentuhan di PC ketimbang menggunakan tetikus dan papan ketik. Rupanya, pengguna komputer masih menyukai mouse dan keyboard.

Namun begitu, Belfiore yakin jika fitur kendali suara Cortana akan membuat Windows 10 lebih populer.

Baca juga:

Windows 10 Dilahirkan untuk Dicintai

Peluncuran Windows 10 di Jakarta

Oktober, Pangsa Pasar Windows 10 Hampir 8 Persen

Banyak pengguna karena sifatnya gratis.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2015