Kadin Ungkap Alasan BUMN RI Kalah dari Malaysia & Singapura

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia kalah bersaing dengan BUMN Malaysia dan Singapura.

"Mengapa BUMN kita kurang berdaya saing dibandingkan BUMN Malaysia dan Singapura? BUMN Malaysia dan Singapura dipimpin oleh CEO (chief executive officer/pemimpin perusahaan) kualitas top dunia," kata Ketua Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Kamis 22 Januari 2015.

Dia berujar, mereka tidak memandang unsur kewarganegaraannya untuk menjadi seorang CEO. Yang jelas, mereka lebih mementingkan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya.

"Mereka tidak membatasi, apakah itu orang Malaysia, Singapura, atau orang asing," kata dia.

Suryo menyebut hasilnya, meskipun tanpa menyebutkan angka pasti, laba salah satu BUMN Malaysia, Petronas, sama seperti laba seluruh BUMN Indonesia selama setahun.

"Kalau BUMN kita dikelola dengan the best man we can get, BUMN kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada yang sekarang," kata dia. (asp)

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN



Baca juga:

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021