Peneliti: Awas, Cahaya Biru Berkilau di Pantai Ini Bahaya

Cahaya biru di Pantai Hong Kong
Sumber :
  • www.phys.org

VIVA.co.id - Peneliti kelautan mengingatkan bahaya atas penampilan indah cahaya kilau biru di sepanjang pinggir laut sebuah Pantai Hong Kong.

Menurut ahli biologi kelautan, cahaya biru berkilau yang pada malam hari itu berasal dari alga berbahaya, Noctiluca scintillans, yang sering dijuluki Sea Sparkle.

Melansir Phys, Jumat 22 Januari 2015, menurut ilmuwan kelautan Universitas Georgia, AS, Samantha Joye menyebutkan cahaya kilau dipicu polusi pertanian yang dapat menghancurkan kehidupan perikanan laut dan nelayan lokal.

Cara Tiongkok 'Jinakkan' Cuaca

"Foto-foto itu luar biasa, hanya saja sangat disayangkan warna biru misterius itu dibuat oleh Noctiluca," tulis dia dalam sebuah email.

Noctiluca diketahui merupakan jenis kehidupan bersel tunggal yang memakan plankton. Makhluk ini juga dimakan oleh spesies lain. Plankton dan Noctiluca makin berlimpah saat nitrogen dan fosfor dari peternakan meningkat di lautan.

Tak seperti organisme lain, Noctiluca tidak secara langsung menghasilkan bahan kimia yang dapat menyerang sistem saraf atau bagian tubuh.

Namun, menurut Eugene Turner, peneliti Universitas Louisiana, AS, perannya sebagai mangsa dan predator cenderung memperbesar racun dalam rantai makanan. (art)

Baca Juga:

Lapan: Benda Asing Berapi di Bengkulu Diduga Meteorit

Malam Ini, Muncul Supermoon Terakhir pada 2015

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin

Tips Sederhana Agar Bisa Saksikan Galaksi Bima Sakti

Cukup matikan lampu sekitar dan jalanan selama satu jam.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016