Eksplorasi Mars, NASA Siapkan Helikopter Mini

Ilustrasi astronot.
Sumber :
  • 21stcentech.com
VIVA.co.id -
2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan
Badan Antariksa Nasional AS (NASA) mengumumkan tengah mengerjakan sebuah helikopter kecil yang akan bertugas mendukung eksplorasi di Planet Mars.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

Helikopter khusus Mars ini akan berkolaborasi dengan kendaraan robot penjelajah yang ada di permukaan di Mars, dalam memeriksa berbagai kemungkinan menarik di permukaan Planet Merah itu.
Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru


Melansir
Business Standard,
Jumat 23 Januari 2015, keberadaaan helikopter mini ditujukan menutup kekurangan yang ada pada robot penjelajah serta pesawat yang mengorbit Mars.


Dijelaskan, robot penjelajah memiliki keterbatasan jarak pandang kamera, demikian juga dengan pesawat pengorbit Mars. Untuk itu, helikopter bisa melengkapi misi pemantauan permukaan Mars.


Dalam pernyataannya, NASA menyebutkan insinyur mereka tengah bekerja keras membuat helikopter yang akan terbang rendah di depan robot penjelajah.


Helikopter ini, nantinya dirancang memiliki tiga jali lipat daya jangkauan saat menjelajah di atas pemukaan Mars. Dengan posisi ini, diharapkan helikopter memberikan informasi visual yang lebih baik serta mencari fitur di planet yang menarik untuk didalami lebih lanjut.


Selain itu, helikopter ini disebutkan punya tugas lain, yaitu memeriksa lokasi terbaik untuk robot penjelajah dalam pengumpulan sampel.


NASA menerangkan desain helikopter akan berbentuk kotak kubik dan mampu membawa sampel dengan bobot satu kilogram dengan ukuran sekitar 1,1 meter.


Desain helikopter disebutkan tengah diujicoba Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, AS.  (asp)


Baca Juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya