Film Terbaru Tora Sudiro Digugat

Screening Film Kacaunya Dunia Persilatan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Film laga campur komedi, berjudul Kacaunya Dunia Persilatan telah ditayangkan di bioskop. Namun baru sehari rilis, film yang dibintangi  Tora Sudiro, Darius Sinathrya, dan Vicky Monica itu, langsung menuai kontroversi.

Film berdurasi 90 menit itu dianggap menggunakan karakter tokoh Si Buta dari Gua Hantu. Ya, Tora dalam film ini memang memerankan tokoh Si Buta Dari Gua Buat Elu (plesetan karakter Si Buta dari Gua Hantu).

"Memang betul kita sudah melihat  filmnya. Ternyata ada persamaan tokoh Si buta dari Gua Hantu, yang kita pegang hak patennya. Mereka tidak pernah melakukan konfirmasi ke kita, tentunya kita jadi memertanyakan, dasarnya apa mereka menggunakan karakter Si Buta," ujar Juliandus Tobing, kuasa hukum PT Bumi Langit, pemegang hak paten Si Buta dalam rilisnya, Jumat, 23 Januari 2015.

Pihak Bumi Langit sendiri, sudah melakukan pertemuan dengan rumah produksi Skylar Pictures, pembuat film itu, yang diwakili produsernya Helfi Kardit. Dari pertemuan itu, pihak pembuat film menganggap, penggunaan sosok Si Buta dari Gua Hantu adalah hal biasa.

"Waktu itu memang sudah ada pertemuan, dan mereka berpikir itu hal biasa, karena ini film parodi. Inti somasi kita, bukan masalah penayangan filmnya, melainkan kenapa mereka tidak permisi saat menggunakan karakter Si Buta," ujar Juliandus.

Sementara itu, Helfi Kardit mengatakan, saat trailernya dirilis tak ada orang menggugat dan memberi somasi. "Ketika dibuat trailernya, dan itu ada di YouTube, nggak ada masalah. Lalu, ketika sudah tayang kenapa baru dimasalahkan?" ujar Helfi.

Ia pun mengaku siap bertemu dan berdiskusi dengan Bumi Langit terkait persoalan ini. Namun dirinya enggan memenuhi permintaan, jika harus menghilangkan sosok Si Buta dalam film itu.

Jadi Produser, Mieke Amalia Harus Putar Otak

"Filmnya kan sudah tayang, bagaimana mau diturunkan? Asal ada itikad baik dan masuk akal, kita siap berdiskusi dan memenuhi permintaan mereka," tegas Helfi.

Baca juga:


Tora Sudiro di kantor Ahok

Tora Sudiro: Kursi Gubernur Bukan Buat Mainan

Tora dengan bangga duduk di kursi kerja Ahok.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016