Mulai 2016, Masyarakat Bisa Menginap di Bandara Kualanamu

Aktivitas di Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id - PT Angkasa Pura II (AP II) mulai menggarap bisnis perhotelan. Tak tanggung-tanggung, lokasi hotel pertama yang dipersiapkan oleh AP II berada di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hotel bintang tiga tersebut akan membutuhkan biaya sekitar Rp50 miliar.

"Kita sedang persiapkan proposal-proposalnya. Nanti, hotel ini akan berada di dalam bandara dan disiapkan ruang-ruang seminar, meski belum memadai untuk konversi, paling bisa untuk rapat-rapat sekitar 50-100 orang," ujarnya kepada VIVA.co.id di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng belum lama ini.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

Menurut mantan Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tersebut, hotel akan dibangun dengan kapasitas sekitar 100 kamar terlebih dahulu.

"Desainnya sekitar tiga bulan dan pembangunan selama satu tahun sehingga baru bisa operasional awal tahun 2016. Jadi, tahun depan, masyarakat bisa menginap dalam Bandara Kualanamu," tuturnya.

Jangan Berharap Ada Porter di Terminal 3 Soekarno Hatta

Selain itu, lanjutnya, pengembangan bisnis hotel ini dilakukan AP II, karena memiliki lahan seluas 6.000-7.000 meter persegi yang ada di lantai II Bandara Kualanamu.

"Semula, lokasi itu dijadikan kawasan perbelanjaan. Namun, setelah melakukan survei, perusahaan ini memutuskan untuk membangun hotel, agar kami bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat," ungkapnya.

Budi juga menyampaikan, pembangunan hotel bintang tiga ini tidak memakan biaya yang besar, karena bangunannya sudah terbentuk. "Kontraktor tinggal membuat sekat-sekat dan menyambungkan peralatan elektriknya," tambahnya. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya