Jika Cuaca Bagus, Indonesia Bisa Lihat Asteroid BL86

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
Sumber :
  • Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout
VIVA.co.id
Gitaris Queen Galang Dana untuk Hadang Asteroid
- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia berkesempatan untuk melihat sejarah asteroid 2004 BL86 yang melintas dengan jarak paling dekat dengan Bumi, malam ini.

Begini Skenario Misi Senggol Asteroid

Sebab, seperti diketahui, batu luar angkasa tersebut akan melintasi melewati Bumi 200 tahun kemudian.
Asteroid BL86 Diklaim Datang Bersama UFO?


"Kita (Indonesia) bisa melihatnya. Asteroid tersebut seperti bintang terang yang bergerak lamban," ungkap Thomas saat dihubungi
VIVA.co.id
, Senin, 26 Januari 2015.


Ia menambahkan, dirinya belum bisa memastikan daerah di Indonesia mana saja yang akan menikmati momen langka itu.


"Dari segi waktu, saya belum cek, tapi kalau dilihat petanya, tampaknya ini wilayah Indonesia bisa melihatnya sekitar jam 11 malam atau sebelum tengah malam, asal dengan dukungan cuaca cerah," tuturnya.


Meski, 2004 BL86 akan melintasi dengan jarak paling dekat dengan Bumi, yakni sekitar 745.000 mil atau sekitar 1,2 juta kilometer, Thomas mengatakan pecinta astronomi tidak bisa melihat pertunjukkan alam itu dengan mata telanjang.


"Nggak bisa dengan mata telanjang, minimal menggunakan teleskop kecil," ungkapnya.


Saat disinggung mengenai dampak asteroid yang melesat sekitar 35.000 mil melintasi Bumi, Thomas memastikan bahwa itu tidak akan memberikan dampak yang signifikan kepada Bumi.


"Nggak ada dampak karena jauh sekali jaraknya sekitar 1,2 juta kilometer atau tiga kali jarak antara Bumi dengan Bulan," jelas dia. (ren)



Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya