Tips Jitu Pilih Barang Bermerek

Ilustrasi tas tangan
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA.co.id - Bagi sebagian wanita, brand atau merek menjadi hal penting ketika berbelanja. Tak heran banyak dari mereka yang rela pergi ke luar negeri untuk membeli tas atau aksesori dengan harga puluhan hingga ratusan juta.

Bagi mereka, branded goods alias barang bermerek adalah simbol status. Dengan kata lain, lewat barang bermerek, strata sosial dan gengsi meningkat.

Namun tidak sedikit juga bagi wanita-wanita yang lebih memilih untuk membeli barang-barang palsu atau KW. Padahal kualitasnya jauh berbeda dari aslinya.

Thanthan, seorang kolektor dan pemilik dari butik Pronto Moda mengatakan bahwa harus hati-hati saat akan membeli tas bermerek.

"Karena ada harga ada rupa. Sekilas hampir sama tapi material dan lainnya pasti beda," katanya saat ditemui VIVA.co.id di butik Pronto Moda, kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Senin, 26 Januari 2015.

Ia memberikan tips dalam memilih barang bermerek, apa saja?

Perbanyak informasi

Bila Anda berencana membeli barang bermerek namun takut kena tipu, sebaiknya perbanyak informasi mengenai barang incaran. Ajak salah satu teman yang mengerti secara detil mengenai batang bermerek.

Bahan

Dari jauh memang sama tapi setelah dilihat secara dekat akan terlihat perbedaannya. Material yang digunakan jelas berbeda.

"Kalau yang palsu, cuma dipakai beberapa kali akan berubah, penyok-penyok dan tulangnya patah," kata Thanthan.

Jahitan

Barang bermerek punya kualitas jahitan yang mumpuni. Tidak akan mudah koyak atau rusak hanya karena sedikit gesekan. Selain itu, jahitan produk asli tentu saja akan rapi, tanpa cacat.

Nomor seri

Ingat, produk bermerek pasti punya nomor seri. Selalu perhatikan nomor seri yang diletakkan tersembunyi di dalam produk.

Baca juga:

Street Style ala Elizabeth Rahajeng

Ilustrasi Sweater

Trik Jitu Mencuci Sweater Agar Tidak Menyusut

Mencuci sweater tak semudah yang dibayangkan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016