Pertamina Berambisi Kuasai Pasar Indonesia

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, berambisi agar perseroan bisa menguasai pasar Indonesia. Misalnya, di sektor hilir. Dwi pun mendorong agar perusahaan pelat merah itu bisa lebih mengembangkan sektor hilirnya.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Dia mengatakan, produk hilir Pertamina, yaitu pelumas Lubrican kalah dengan pelumas asing, Federal Oil. Karena itu, Dwi pun meminta agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bisa merebut kembali pasar pelumas dalam negeri.
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan


"Kami rebut itu, kalau perlu banting harga supaya bisa menguasai Indonesia. Indonesia milik Pertamina," kata Dwi, dalam acara "Workshop Value Creation Refining Day 2015" di kantor Pertamina Pusat, Jakarta.


Mantan dirut PT Semen Indonesia Tbk itu pun meminta agar perseroan tak hanya mengembangkan sektor minyak dan gas, tapi sektor hilir lainnya, seperti pelumas dan petrokimia.


"Sektor hilir memberikan nilai tambah yang lebih bagi Pertamina," kata dia.


Selain itu, Dwi melanjutkan, Pertamina ingin ada bisnis yang tak hanya berkutat kepada sektor minyak dan gas, tapi juga sektor energi lainnya.


"Minyak memang suatu saat akan habis, tapi Pertamina tidak boleh 'habis'. Kami akan mengikuti perkembangan energi. Kami harus mengubah
mindset
bahwa Pertamina bukan perusahaan minyak, perusahaan gas, tapi perusahaan energi," kata dia. (art)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya