Dubes Blake Bawa Rombongan Pebisnis AS ke Batam

Sumber :
  • VIVAnews / Santi Dewi

VIVA.co.id - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, mengajak delegasi yang terdiri dari perwakilan 12 perusahaan dan assosiasi bisnis AS, untuk menjajaki peluang usaha dan investasi di Batam dan sekitarnya.

Kedatangan rombongan para pengusaha dari AS tersebut, diterima langsung oleh Ketua Batam Indonesia Free Zone Authority (BIFZA) Mustofa Wijaya dan Wali Kota Batam M. Ahmad Dahlan di Gedung BIFZA, Batam, Kamis 29 Januari 2015.

Blake mengatakan, kepercayaan pengusaha AS terhadap Indonesia cukup tinggi. Terbukti, dengan investasi yang masuk ke Indonesia nilainya mencapai US$60 miliar. Batam dipandang sebagai salah satu tujuan investasi yang baik.

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
"Kami melihat perusahaan-perusahaan yang sudah terlebih dahulu, melakukan investasi di Batam, sangat baik. Maka itu, para pengusaha yang datang tertarik untuk menginvestasikan lagi," ujar Blake.

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

Ia menambahkan, perusahaan AS yang sudah beroperasi di Batam, menyerap banyak tenaga kerja Indonesia. Antara lain, seperti McDermott dan Catterpillar, di mana sekitar 95 persen karyawannya merupakan Warga Negara Indonesia.

"Hanya lima persen yang dari luar" kata Blake.

Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November

Ia pun berharap, upaya pemerintah Indonesia dalam memangkas dan menyederhanakan birokrasi perizinan investasi dapat terwujud.

"Perizinan diharap bisa konsisten, dan khususnya Batam bisa Bebas pajak" kata Blake. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya