Lapan Serahkan Data Satelit ke 9 Instansi Pemerintah

Sosialisasi penginderaan jauh Lapan
Sumber :
  • Vivanews/Agus

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyerahkan data penginderaan jauh resolusi tinggi dan mosaik kepada sembilan instansi pemerintah.

Sembilan instansi pemerintah yang dimaksud adalah Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Badan Pengelola REDD+, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pusat Statistik, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Data satelit yang diserahterimakan berasal dari citra Spot-5 beresolusi 2,5 meter dan citra Spot-6 yang memiliki resolusi 1,5 meter.

Selain itu juga, Lapan memberikan data satelit citra resolusi menengah yakni data dari Landsat-7 dan Landsat-8, yang mana kedua satelit tersebut dapat menghasilkan mosaik citra bebas awan untuk di seluruh wilayah Indonesia.

"Data tersebut nantinya akan digunakan oleh instansi pemerintah untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk membangun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)," ujar Kepala Bagian Humas LAPAN, Jasyanto, dalam keterangan kepada VIVA.co.id, Kamis, 29 Januari 2015.

Diketahui, citra Spot-6 dapat digunakan untuk membuat peta dengan skala 1:5000. Citra beresolusi tinggi ini memungkinkan dapat mengidentifikasi 40 persen obyek tutupan lahan, sehingga sangat bermanfaat dalam perencanaan tata ruang.

Penggunaan citra satelit juga dapat membantu dalam menghasilkan peta pertanahan, tata batas kawasan hutan, lahan baku sampah, perencanaan lahan pertanian, pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan, serta pembuatan blok sensus.

Jasyanto menjelaskan sebelumnya perencanaan wilayah secara menyeluruh sering jadi masalah di Indonesia, sehingga kebutuhan citra satelit beresolusi tinggi bisa menjadi jawaban dari permasalahan tersebut.

"Bahkan, saat ini penyusunan RDTR diperlukan citra satelit dengan resolusi spasial hingga 60 sentimeter agar dapat menghasilkan data yang lebih detail. Citra satelit resolusi tinggi ini dapat meningkatkan identifikasi obyek, selain itu juga digunakan untuk pemetaan pada skala 1:2500," tutur dia.

Penyerahan data dari Lapan kepada sembilan instansi tersebut merupakan implementasi dari Undang Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012.

"Lapan diberikan mandat untuk melaksanakan penyediaan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi untuk kebutuhan semua sektor," kata dia.

Butuh Rp65 Miliar untuk Bikin Satelit LAPAN A3

Jasyanto mengatakan, pengadaan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi secara satu pintu oleh Lapan akan meningkatkan efisiensi anggaran negara untuk pengadaan citra, dan mencegah terjadinya duplikasi dalam citra penginderaan jauh yang diadakan. (one)

Gerhana Matahari Total

Ternyata, Venus dan Merkurius Tampak Saat GMT

Penampakan Venus dan Merkurius ini tak disadari oleh masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016