Bill Gates Setuju, Robot Ancam Peradaban Manusia

Ilustrasi kerja sama robot dan manusia.
Sumber :
  • REUTERS/Rick Wilking
VIVA.co.id
Anak Madrasah Rebut Medali Emas di Kompetisi Robot Asia
- Tak hanya Elon Musk dan Stephen Hawking yang menyatakan ketakutannya terhadap robot atau Kecerdasan Buatan (AI). Kini, Bill Gates pun turut mengungkapkan bahwa robot merupakan tanda bahaya bagi manusia.

Ritual Pertarungan Kejam Peradaban Moche di Peru

Gates, yang merupakan pendiri perusahaan perangkat lunak terbesar, Microsoft, merasa heran. Dia menganggap orang-orang tidak merasa cemas dengan keberadaan robot di sekitarnya. Ia pun menyarankan kepada yang lainnya untuk waspada terhadap Kecerdasan Buatan itu.
Mahasiswa Surabaya Bikin Robot Seperti di Film Real Steel


"Meskipun beberapa dekade Kecerdasan Buatan cukup kuat untuk menjadi perhatian. (Tapi) saya setuju dengan Elon Musk dan beberapa orang lain tentang hal ini. Saya tidak mengerti mengapa beberapa orang merasa tidak peduli," jelas Gates saat menjawab sesi tanya jawab di Forum Online, Ask Me Anything, dilansir
Daily Mail
, Jumat, 30 Januari 2015.


Gates mengemukakan, robot dapat membantu manusia kalau manusia sebagai penciptanya tidak melakukan tindakan bodoh yang dapat mengancam kehidupan manusia di masa mendatang.


"Mesin akan melekukan banyak pekerjaan untuk kita dan tidak menjadi super cerdas. Positifnya, kita harus mengelolanya dengn baik," ujar dia.


Lebih lanjut lagi, Gates mengemukakan, robot saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dibanding sebelumnya. Meski robot-robot tersebut dapat membantu pekerjaan manusia, namun Kecerdasan Buatan tetaplah robot yang tidak memiliki perasaan seperti makhluk hidup.


"Robot telah menjadi lebih maju dan kami meminta mereka untuk melakukan banyak tugas. Mereka mungkin tidak (punya) empati, etika, moral (seperti) manusia. Secara khusus, mereka tidak dapat benar-benar memahami benar dan salah seperti manusia, tidak peduli seberapa aman yang dibuat manusia untuk menciptakan robot," tutur Gates.


Sebelumnya Stephen Hawking, yang merupakan seorang Fisikawan terkemuka, pada Desember tahun lalu mengatakan bahwa perkembangan Kecerdasan Buatan bisa berarti akhir dari manusia.


Sementara, Bos SpaceX, Elon Musk, di tahun lalu secara terang-terangan mengungkapkan bahaya dengan adanya robot.


"Saya pikir kita harus sangat hati-hati tentang Kecerdasan Buatan. Jika saya harus menebak, robot akan menjadi ancaman terbesar kita," kata Musk saat berbicara di Massachusetts of Technology (MIT) pada bulan Oktober tahun lalu. (ren)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya