Komisi VI Gelar Rapat Maraton Panja PMN

Gedung Nusantara DPR RI
Sumber :
VIVA.co.id -
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
Sudah satu minggu ini Komisi VI DPR RI terus melakukan rapat secara maraton dari pagi hingga malam hari dengan menghadirkan para dirut BUMN. Panitia Kerja (Panja) Komisi VI yang telah dibentuk ditujukan untuk menggali lebih dalam penyertaan modal negara (PMN) seiring penambahan anggaran untuk BUMN hingga mencapai Rp72,9 triliun dalam APBN-P 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Banyaknya perusahaan pelat merah yang diundang, membuat Komisi VI membentuk dua tim, yaitu Panja PMN 1 dan Panja PMN 2 yang menggelar rapat secara bersamaan. Seperti diketahui, pemerintah ingin membangun infrastruktur pelabuhan, bandara dan sarana pertanian yang memadai di daerah. Panja Komisi VI merasa berkepentingan untuk mengawasi plan bisnis yang akan dilakukan oleh sejumlah BUMN tersebut.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Wakil Ketua Komisi VI DPR Heri Gunawan (Dapil Jabar VI) menjelaskan, Panja PMN ini ingin mengorek lebih jauh tentang kinerja korporasi dan operasional beberapa BUMN yang diundang.


“Lalu, kami juga ingin tahu bagaimana BUMN tersebut tanpa PMN dan setelah mendapat PMN,” katanya. Dari rapat dengan beberapa BUMN tersebut akan terlihat mana yang sehat dan mana yang tidak sehat,” ujarnya di Jakarta, Jumat 30 Januari 2015.


Lebih lanjut Heri memaparkan, sudah lebih dari 20 BUMN yang diundang ke Komisi VI dari 35 BUMN yang mengajukan PMN. Sepanjang Jumat saja, ada 8 BUMN yang diundang, 4 ke Panja PMN 1 dan 4 lainnya ke Panja PMN 2.


Menurut Heri, Selasa 3 Februari 2015 kemungkinan kerja Panja PMN ini akan selesai dan selanjutnya merumuskan rekomendasi hasil kerjanya kepada pemerintah. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya