Kartu Haji, Menu Bahasa Indonesia Akan Ada di ATM Arab Saudi

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id - 
Tampung Tax Amnesty, BNI Pikirkan Lepas Saham Syariah
BNI Syariah meluncurkan Kartu Haji dan Umroh sebagai produk layanan hasil kerja sama dengan MasterCard Indonesia untuk menyediakan fasilitas transaksi non tunai (
cashless
BNI Salurkan Kredit Rp326,7 Triliun Selama Tiga Bulan
).

Direktur Bisnis BNI Syariah, Imam T. Saptono, Jumat 30 Januari 2015, mengungkapkan BNI bekerja sama dengan Al Rajhi Bank yang merupakan bank swasta di Arab Saudi, untuk memasukan menu bahasa Indonesia pada mesin ATM di negara itu, agar mempermudah para jemaah haji dan umroh bertransaksi melalui Kartu Haji dan umroh.

Laba Bersih BNI Kuartal I Naik Tipis

"Insya Allah menu dalam bahasa Indonesia di ATM Arab sudah ada sebelum periode haji tahun ini," ujar Imam di Jakarta.

Penerapan bahasa Indonesia di ATM tersebut akan dikonsentrasikan pada beberapa titik keramaian, seperti pusat ibadah dan pusat perbelanjaan, yang sering dikunjungi para jemaah haji.

Kenapa memilih kerja sama dengan Al Rajhi Bank? "Karena merupakan bank besar yang banyak ATM nya disana," kata Imam.

Selama ini, ia melanjutkan, bahasa yang ditampilkan di layar kerap menjadi kendala para jemaah haji dan umroh dalam melakukan transaksi ATM. Hal ini diketahui, berdasarkan survei yang dilakukan oleh perbankan dan pemerintah.

"Niatnya, memfasilitasi pemerintah dengan kartu ini bisa menyimpan, menerima, dan menarik uang tunai dalam bentuk riyal berdasarkan kurs pada hari itu. Jadi, sudah tidak repot," kata Imam.

BNI akan menyediakan sejumlah posko di Arab Saudi untuk membantu jemaah haji maupun umroh yang merasa kesulitan dalam mengambil uang tunai, atau bertransaksi. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya