Apel Impor Ditarik, Momentum Naikkan Penjualan Buah Lokal

Buah apel hijau
Sumber :
  • proherbal.net
VIVA.co.id -
Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Jumat 30 Januari 2015, menyatakan bahwa pelarangan apel impor jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat akan menjadi momentum peningkatan penjualan produk buah lokal.

Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag

"Dengan turunnya pembelian terhadap produk buah impor justru menjadi momentum untuk meningkatkan penjualan produk buah lokal," ujar Rachmat di Jakarta.
Volume Ekspor China Meningkat, Bawa Angin Segar bagi RI?


Kementerian Perdagangan, ia menjelaskan, telah mengirim surat kepada seluruh pemerintah daerah dan dinas terkait lainnya di Indonesia agar melakukan operasi pasar terkait dengan isu apel impor asal AS terkontaminasi bakteri yang membahayakan kesehatan manusia.


Surat itu disampaikan kepada gubernur, wali kota, bupati, dan dinas lainnya. Surat tersebut berisi instruksi agar operasi pasar segera dilakukan untuk menarik peredaran apel impor dari AS untuk jenis Granny Smith dan Gala. Sebab, The United States Department of Agriculture (USDA) telah memberi peringatan mengenai kedua jenis apel itu terkontaminasi bakteri
listeria monocytogenes.

Rachmat menambahkan, apel-apel ini tidak terkontaminasi dari perkebunannya, melainkan tercemar pada saat proses pengemasan di California, AS.


Masyarakat diharapkan tidak menyalahkan para pedagang terkait penarikan peredaran apel jenis ini. Sebab, pemerintah memang menunjuk para pedagang dan eksportir yang memiliki kewajiban menarik produk tersebut dari pasaran.


"Tidak masalah apel impor mengalami penurunan pembelian, kami kan harus melindungi konsumen," kata Rachmat.


Pemerintah, ia melanjutkan, akan melakukan sosialisasi tentang produk impor yang boleh beredar di pasar Indonesia harus berkualitas. (art)


Baca juga:



Laporan Ferry Simanungkalit/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya