Cara Kendalikan Cemburu dalam Hubungan Asmara

ilustrasi pasangan marah / kesal
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id -
Manfaat Hidup Melajang Menurut Penelitian
Menjaga keutuhan hubungan dengan kekasih adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap pasangan. Saling terbuka, jujur, dan menerima kekurangan bisa menjadi salah satu caranya. Namun, tak selamanya hubungan asmara berjalan mulus. 

Terlalu Ramah pada Orang Lain Bisa Bikin Hubungan Retak
Banyak penyebab yang membuat sejoli bertengkar. Salah satunya adalah, karena cemburu. Rasa cemburu memang sebuah perasaan yang natural dan sering dirasakan siapa saja. Tetapi, rasa cemburu seringkali menjadi alasan yang melatarbelakangi hancurnya hubungan asmara, bahkan pernikahan. 

Penyebab Umum Lelaki Sulit Percaya pada Wanita
Dampaknya akan semakin parah, jika cemburu yang dirasakan terlalu berlebihan dan tanpa alasan. Hal tersebut, tentunya dapat membuat perasaan pasangan yang tertuduh tidak nyaman dan serba salah. Untuk beberapa orang, titik ini bisa mendatangkan rasa jenuh kepada pasangan.

Cemburu, memang tidak bisa dicegah, namun tentu saja bisa dikendalikan. Cemburu harus selalu ada. Sebab, bersifat sedikit obsesif terhadap pasangan diperlukan. Asal tidak berlebihan.

Seperti dilansir dari Times of India, mengendalikan rasa cemburu bukan hal yang terbilang mudah. Namun, hal tersebut bergantung pada kepercayaan yang Anda berikan pada pasangan. 

Tanamkan rasa percaya dan yakin dalam diri Anda bahwa pasangan yang Anda pilih adalah orang yang tak akan pernah menyakiti hati. Selain itu, penting bagi Anda mengutarakan kecemburuan pada pasangan, agar tidak ada jenjang di antara Anda dan pasangan, serta supaya sang pasangan lebih memahami dan memaklumi.

Yang paling penting adalah menjaga keterbukaan dan kejujuran dalam berhubungan. Kenalkan pasangan dengan teman-teman dan jaringan pergaulan, agar tidak muncul rasa curiga. Bila perlu, ajaklah kekasih Anda ke rangkaian pertemuan, atau jamuan makan yang diadakan di kantor, atau dengan teman arisan. 

Dengan begitu, pasangan akan mengetahui pergaulan dan teman-teman Anda, sehingga cemburu tak beralasan tak lagi menjadi halangan. (asp)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya