Ladies, Sekali Lagi Jangan Mudah Tergiur Kosmetik Murah!

Ilustrasi BPOM Sita Ribuan Obat Tradisional dan Kosmetik Ilegal Berikut Alat Produksinya
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id -
Waspada Kosmetik Dibuat dari Bahan Berbahaya
Sebagian besar kaum hawa terobsesi dengan kecantikan. Bahkan, kemanapun mereka pergi, tak lengkap rasanya jika wajah belum dipoles dengan kosmetik.

Produsen Kosmetik Palsu Pasar Asemka Pakai Bahan Berbahaya

Untuk menunjang penampilan, produk dan alat kosmetik menjadi barang wajib yang harus selalu ada dalam tas wanita.
WNA Penjual Kosmetik Palsu Terjaring Razia


Sayangnya kini banyak sekali kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya dan dapat merusak tubuh dan lingkungan.


Jadi jangan mudah tergiur kosmetik murah yang tidak jelas asal-usulnya. Selain bisa jadi bencana untuk kulit dan kesehatan, pengguna produk kosmetik murah juga dapat menderita ookronosis-- semacam kutil warna kebiruan yang bisa muncul setelah 6 bulan pemakaian. Ini bisa terjadi, akibat zat pemutih yang terkandung di dalamnya.


"Kosmetik yang dijual bebas tidak punya label BPOM sangat banyak. Jangan mudah percaya," kata dermatolog, dr R Amanda Sumantri, SpKK kepada
VIVA.co.id
di Hotel Mulia kawasan Senayan, Jakarta,  Kamis 5 Februari 2015.


Amanda juga menyarankan, untuk tidak ikut-ikutan memakai produk kecantikan yang tak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Atau jika produk itu cocok dengan orang lain, jangan tergiur untuk langsung ikut menggunakannya. Sebab, jenis dan kondisi kulit tiap orang berbeda.


"Kebutuhan individu jelas berbeda-beda. Maka dari itu, perlu ke dokter terlebih dahulu, agar dapat mengetahui dosis yang tepat untuk perawatan wajah."


Satu hal lagi katanya, kandungan hidrocuinon yang terdapat dalam krim malam harus sesuai dengan takaran dokter. "Jika lebih, dapat mengakibatkan ookronis setelah 6 bulan pemakaian," ujar sang dokter.


Gunakan produk kosmetik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terpengaruh oleh majalah atau iklan kosmetik yang membujuk Anda untuk menggunakan produk mereka.


Kenali jenis kulit, lalu pilih produk apa yang Anda butuhkan untuk perawatan. Jangan terlalu berlebihan memakai kosmetik. Karena, selain tidak baik untuk kulit,  make up yang berlebihan juga akan membuat Anda terlihat tidak natural.
(umi)


Laporan : Nuvola Gloria
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya