Ini Pentingnya Punya Konsumen Loyal

Peluncuran Mirage Sport
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sigit A. Nugroho
VIVA.co.id -
Nielsen: Optimisme Konsumen Online Indonesia Meningkat
Konsumen loyal bakal membuat merek punya masa depan cerah. Makanya, banyak perusahaan getol menggelontorkan dana miliaran rupiah agar mereknya dipercaya dan berimbas pada meningkatnya loyalitas konsumen hingga akhirnya penjualan terdongkrak.

Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah

Aneka aktivitas pemasaran, banyak dilakukan perusahaan untuk mendongkrak loyalitas konsumen terhadap merek. Misalnya, kegiatan untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen (
Kapan Mitsubishi Mirage Terbaru Sapa Jalanan Indonesia?
customer relationship ).

Seperti yang dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), misalnya.
Authorized dealer
Mitsubishi di Indonesia itu kerap melakukan berbagai aktivitas pemasaran guna menunjang kekuatan merek.


Salah satunya, kegiatan Mirage Eco Fun Drive. Melalui kegiatan ini, KTB ingin mengajak konsumen merasakan langsung berbagai keunggulan mobil di kelas
sport utility city car
tersebut. "Ajang itu sebagai pembuktian pada konsumen. Supaya konsumen langsung merasakan keiiritan Mirage," ujar Budi D Daulay, Head of MMC Field Department PT KTB, di Surabaya, Minggu 8 Februari 2015.


Menurut Budi, konsumen saat ini, membutuhkan pembuktian. Dengan menjajal langsung, konsumen akan lebih percaya ketimbang hanya melalui propaganda iklan semata.


"Rangkaian kegiatan Mirage Eco Fun Drive sudah dua kali dilakukan dari tahun 2013. Efeknya bagus untuk
selling point
," ujar pria yang akrab disapa Dolay itu.


Menurut Dolay, sejak diluncurkan pada 2012 lalu, tren pertumbuhan Mirage selalu positif. Meski demikian, ia enggan membeberkan besaran pertumbuhan dan angka penjualan.


"Tentu sangat bagus, karena seperti kita tahu,
market
di segmen ini
kan
drop 15 persen. Tapi, Mirage masih tumbuh positif," katanya.


Dolay menyebut penguasaan pasar Mirage di segmen
city car
terus melonjak. Sebagai pemain baru, kata dia, pada 2013 Mirage berhasil merebut 11 persen dari total pasar. Penguasaan pasar Mirage terus bertambah pada 2014. "Saat ini, khusus Mirage,
market share
-nya 14 persen di nasional," kata dia.


Ajang temu konsumen tersebut juga dimanfaatkan prinsipal untuk menyerap aspirasi konsumen. "Kita mau dengar keinginan konsumen seperti apa. Dari situ bisa untuk kembangkan produk baru," ujar Wanda Koerniady, Direktur PT Srikandi Diamond Indah Motor, salah satu diler Mitsubishi di Surabaya.


Menurutnya, PT KTB selaku agen pemegang merek Mitsubishi, mendengarkan masukan konsumen untuk meluncurkan produk New Mirage dan Mirage Sport. "Konsumen mau begini,
tambahin
itu. Semua kita serap, dan akhirnya KTB meluncurkan New Mirage ini," tutur dia. (one)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya