Peneliti Ungkap Rahasia Inti Bumi

Profil inti bumi
Sumber :
  • www.bbc.co.uk

VIVA.co.id - Tim peneliti Tiongkok dan Amerika Serikat mengklaim berhasil menguak profil inti bumi. Temuan mengungkapkan ada yang berbeda dari inti bumi dibanding pengetahuan yang diyakini selama ini.

Tim peneliti itu mengatakan, sebelumnya inti bumi diyakini hanya satu bagian saja, namun temuan anyar menunjukkan inti bumi terdiri dari dua bagian, yang memiliki pola berbeda.

Melansir BBC, Selasa 10 Februari 2015, peneliti mengatakan bagian inti bumi dalam memiliki pola medan magnet yang berbeda dengan inti bumi bagian luar.

Peneliti menjelaskan untuk sampai memastikan bagian inti bumi, memang mereka tidak langsung mengebor sampai bagian pusat bumi yang berada pada kedalaman 5000 Km.

Untuk mencapai pada kedalaman tersebut, peneliti memanfaatkan gema yang dihasilkan gempa bumi. Mereka menganalisa bagaiman gema berubah saat melintasi berbagai lapisan bumi.

"Gelombang (gema) memantul dan terus bergerak dari satu sisi bumi ke sisi lainnya," ujar Xiaoong Song, peneliti Universitas Illinois, Urbana-Champaign, AS.

Song menyebutkan inti bumi merupakan area keras yang seukuran bulan.

Data gelombang gempa menunjukkan kristal inti bumi menunjukkan dua pola. Pertama bagian inti bumi bagian dalam berpola timur ke barat, sedangkan inti bumi luar berpola utara ke selatan.

Perbedaan itu, menurut peneliti menunjukkan kristal inti bumi terbentuk dalam kondisi berbeda serta menandakan bumi mungkin telah berubah drastis selama periode tertentu.

Disebutkan inti bumi matang sekitar setengah miliar tahun yang lalu, dengan tumbuh 0,5 mm setiap tahun.

Mengomentari hasil temuan itu, Simon Redfern, peneliti Universitas Cambridge, Inggris menjelaskan medan magnet bumi kemungkinan telah berubah sekitar setengah miliar tahun lalu, beralih antara sumbu khatulistiwa dan sumbu kutub.

"Bisa jadi keselarasan aneh yang ditunjukkan Song itu menunjukkan inti terdalam bumi menandai paleomagnetik aneh dari batu kuno yang telah hadir dekat khatulistiwa setengah miliah tahun lalu," jelasnya.

Studi ini telah dipublikasikan di Nature Geoscience.

Studi: Bumi Pernah 'Makan' Benda seperti Merkurius

Baca juga:

Foto Bumi tahun 2015

Bumi Ternyata Terbentuk 4,1 Miliar Tahun Lalu

300 Juta tahun lebih awal dibanding teori sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015