Pemerintah Target Bangun 22 Menara Rusunawa

Ilustrasi Rusunawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna
VIVA.co.id -
Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru
Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Selasa 10 Februari 2015, menyatakan bahwa pemerintah sedang menargetkan pembangunan 22 menara rumah susun sederhana sewa (rusunawa) pada tahun ini, sebagai upaya mengatasi kekurangan ketersediaan rumah (
backlog
Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun
) perumahan atau hunian bagi masyarakat.
Sinar Mas Land Akan Bangun Hunian Elit di Batam

‎"Ini untuk mendukung program pemerintah menyediakan rumah murah bagi yang tidak mampu beli rumah. Pemerintah akan membangun 22 twin block Rusunawa," ujar Mardiasmo dalam seminar bertajuk "EBA-SP: Sebagai Pilihan Pembiayaan Pemilikan Rumah dan Peluang Investasi," di Jakarta.

Pembangunan ini, kata dia, merupakan cara efektif mengurangi backlog perumahan serta mengejar target pembangunan rumah oleh pemerintah sebanyak 1 juta unit.

Dia juga mengungkapkan kemampuan pemerintah untuk menyediakan dana pembangunan rumah hanya mencapai 200-300 ribu unit rumah dari APBN. Menurut dia, hingga akhir 2014, data backlog rumah mencapai 15 juta unit. 

Meskipun begitu, dia mengakui bahwa backlog perumahan adalah hal yang kerap terjadi di negara-negara berkembang.‎ Di Indonesia, kendala yang sering dihadapi adalah kekurangan dana murah jangka panjang. 

"Maka dari itu, diharapkan bukan hanya sekuritasi KPR, tetapi juga menghadirkan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan bagi pemerintah untuk menciptakan hunian layak dan sekaligus menekan hunian kumuh," kata Mardiasmo. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya