4 Cara Rumah Anda Dapat Perlindungan Terbaik

Asuransi Rumah
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com
VIVA.co.id -
Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Kebanjiran, kebakaran, hingga kemalingan, adalah risiko yang bisa saja terjadi pada rumah Anda. Apakah Anda sudah tahu bila risiko-risiko tersebut bisa ditanggung oleh asuransi rumah?

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Saat ini banyak jenis asuransi properti yang ditawarkan, khususnya untuk asuransi rumah. Agar mendapatkan perlindungan yang maksimal, Anda pun dituntut untuk membandingkan dan memilih produk yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan.
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah


Berbagai variasi produk ditawarkan. Dari yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran saja, hingga perlindungan menyeluruh untuk segala risiko yang terjadi pada seluruh harta benda yang Anda miliki di rumah, termasuk perlindungan banjir.

Di sinilah perlunya Anda memiliki teknik tersendiri untuk memilih perusahaan dan juga jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan atau proteksi dari segala jenis risiko. Bagaimana caranya?


Bandingkan perlindungan


Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah membandingkan. Dengan begitu Anda bisa tahu pilihan-pilihan yang ditawarkan. Dengan begitu Anda akan mudah untuk melakukan perbandingan tentang perusahaan penyedia produk asuransi rumah.


Tujuan Anda disini adalah dapat membuat keputusan terbaik dengan membandingkan biaya dan manfaat dari bermacam perusahaan asuransi rumah tersebut.


Untuk menghemat waktu dan biaya dalam melakukan perbandingan, cobalah untuk melakukan perbandingan
online.
Sebab, Anda juga dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis melalui cara
online
ini.


Ketahui jaminan


Dengan banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan aneka produk asuransi rumah, sebenarnya sebagai konsumen Anda diuntungkan. Karena Anda dapat memiliki banyak pilihan dalam melakukan perbandingan. Namun, cari tahu dan perhatikan perlindungan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing produk.


Apa saja perlindungan yang dimilliki oleh asuransi yang akan Anda daftar nantinya. Misalnya risiko kebakaran. Risiko kebakaran ini bisa terjadi karena berbagai hal; seperti konsleting, arus pendek, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau karena terjadinya kerusuhan.


Cobalah untuk bertanya bagaimana perusahaan asuransi yang akan Anda daftar tersebut memandang terjadinya risiko ini. Dengan begitu Anda pun akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang memang dijamin oleh perusahaan asuransi tersebut, karena sebab apa risiko tersebut bisa dijamin, dan risiko apa yang tidak dijamin. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.


Hindari sulitnya proses klaim


Anda tentu tidak ingin risiko yang dimungkinkan akhirnya terjadi. Tetapi bila memang harus terjadi, langkah selanjutnya adalah melakukan klaim kerugian. Pertanyaannya, sulit atau tidak klaim yang akan Anda lakukan nantinya?


Sebab itu, dalam proses perbandingan yang Anda lakukan cobalah untuk bertanya secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di tiap perusahaan yang menyediakan asuransi rumah. Anda wajib memastikan bila nantinya tidak merasa kesulitan dalam pengurusan klaim ketika risiko yang tidak diinginkan telah terjadi.


Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Cobalah kunjungi forum online untuk mendapatkan jawaban cepat. Pada forum tersebut, tanyakan juga pendapat orang lain yang telah menggunakan jasa perusahaan asuransi rumah.


Hitung biaya dan nilai pertanggungan


Inilah yang biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda. Sebab, Anda akan berhitung berapa biaya yang harus Anda bayarkan dan keluarkan, dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan. Nilai pertanggungan ini adalah penggantian yang akan diterima saat klaim.


Sebagai catatan, jangan sampai terjadi saat Anda menerima uang pertanggungan, dana tersebut malah tidak cukup untuk membangun rumah Anda kembali. Inilah perlunya bagi Anda melakukan perhitungan cermat dan membandingkan dengan lamanya kontrak asuransi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya